Laman

Sabtu, 16 Oktober 2010

SBY-BOEDIONO MERASAFEL KABINET

JAMBI EKSPRES:

Setahun SBY-Boediono

Sabtu, 16 Oktober 2010 | 10:11 WIB

Kabinet Indonesia Bersatu
Pengamat politik Lembaga Survei Indonesia (LSI), Burhanuddin Muhtadi, mengatakan, berkaca dari pengalaman sebelumnya, Presiden SBY kemungkinan besar akan melakukan reshuffle Kabinet Indonesia Bersatu II pada satu tahun pemerintahannya bersama Boediono. Namun, alasan politis akan lebih kental melatari perombakan kabinet dibandingkan alasan penilaian kinerja.
Di depan publik, SBY akan pakai alasan kinerja. Tapi di belakang layar sesungguhnya lebih kental alasan politis.
-- Burhanuddin Muhtadi

"Di depan publik, SBY akan pakai alasan kinerja. Tapi di belakang layar sesungguhnya lebih kental alasan politis," kata Burhan, saat mengisi diskusi mingguan Radio Trijaya "Setahun SBY-Boediono", di Jakarta, Sabtu (16/10/2010).

Ia memprediksi, sejumlah menteri yang mewakili partai politik akan ditarik dari kabinet dan digantikan oleh kalangan profesional "Tetapi, menteri dari kelompok profesional itu tetap memiliki kedekatan dengan partai politik," ujar pengajar Pasca Sarjana Universitas Paramadina ini.

Menurutnya, dari kinerja hampir setahun ini, banyak menteri KIB II yang layak mendapatkan "kartu merah", bukan hanya rapor merah. "Tetapi, banyak menteri yang layak dapat kartu merah itu terselamatkan oleh partai politik yang menaunginya," kata Burhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar