JAMBI EKSPRES:
Akmil Wisuda 171 Taruna Dikmapa PK
Jumat, 25 Maret 2011 20:13 WIB | 438 Views
Sebanyak 171 taruna dilantik dari calon prajurit siswa (Caprasis) menjadi prajurit siswa (Prasis) dalam acara wisuda prajurit pendidikan pertama perwira prajurit karir (Dikmapa PK) tahun 2011, di Akademi Militer Magelang, Jumat.
Sejumlah siswa taruna terdiri atas matra darat 96 siswa, matra laut 35 siswa dan matra udara 40 siswa. Siswa yang berprestasi dari matra darat, Ahmad Heifan dan Ruhdi, matra laut Akhmad Kurniawan dan Denny Utama Suprapto, matra udara Dimas Qhomaarru Lambang dan James Columbus Taime.
Acara wisuda prajurit di Lapangan Pancasila Akmil tersebut dipimpin Komandan Kodiklat TNI Mayor Jenderal TNI M Sochib.
Sochib dalam sambutannya mengatakan sebagai calon perwira yang telah memiliki gelar kesarjanaan strata satu, tentu memiliki ilmu pengetahuan dan cakrawala yang luas.
Ia meminta para taruna terus meningkatkan budaya belajar dan gemar membaca untuk mengeksplorasi sekaligus mengeksplotasi ilmu pengetahuan sesuai bidang tugas dan profesi masing-masing.
"Hal itu penting dilakukan karena di era globalisasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin canggih. Sebagai konsekuensi logis dari hal tersebut adalah ketekunan untuk memperdalam ilmu dan penguasaan teknologi informasi," katanya.
Ia mengatakan, dalam struktur organisasi militer, perwira pada dasarnya adalah pemimpin dan pemimpin pada hakekatnya adalah perwira.
Menurut dia, agar dapat menjadi perwira dan pemimpin yang baik maka seorang perwira harus memenuhi standar kompetensi yang disyaratkan yaitu penguasaan terhadap tiga elemen dasar perwira, yakni ilmu pengetahuan, ketrampilan, dan kepribadian.
Brigjen Bachtiar Menjabat Gubernur Akmil
Rabu, 16 Februari 2011 12:55 WIB | 826 Views
Panglima Komando Strategis Angkatan Darat Letnan Jenderal TNI Pramono Edy Wibowo (tengah) melakukan salam komando dengan pejabat baru gubernur Akademi Militer (Akmil),Brigjen TNI Bachtiar (kiri) dan pejabat lama Mayjen TNI Suharsono (kanan) pada upacara sertijab gubernur Akmil di lapangan Pancasila, lembah Tidar, komplek Akademi Militer, Magelang, Jateng, Rabu (16/2). (ANTARA/Anis Efizudin)
Brigadir Jenderal TNI Bachtiar menerima jabatan Gubernur Akademi Militer (Akmil) dari pejabat lama Mayor Jenderal TNI Suharsono dalam upacara serah terima jabatan di Kompleks Akmil Magelang, Jawa Tengah, Rabu.
Upacara serah terima jabatan itu dipimpin Panglima Komando Strategis Angkatan Darat Letnan Jenderal TNI Pramono Edy Wibowo.
Bachtiar sebelumnya menjabat sebagai Komandan Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat di Bandung, Jawa Barat, sedangkan Suharsono mendapat tugas baru sebagai Panglima Komando Daerah Militer XVI Patimura di Ambon.
Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI George Toisutta dalam sambutan tertulis yang dibacakan Pramono antara lain menyatakan pentingnya jajaran Akmil memantapkan sistem bimbingan dan pengasuhan kepada para taruna.
Ia mengatakan, kualitas pengasuhan sebagai wahana pemantapan kepribadian dan latihan kepemimpinan semakin ditingkatkan.
Taruna, katanya, harus mendapatkan kesempatan mengembangkan daya kreasi dan inovasi yang dilandasi sikap saling asah, asih, dan asuh.
Laman
Jumat, 25 Maret 2011
PEMERINTAH DI TUDING TIDAK TANGGAB TERHADAP PERBAIKAN JALAN
JAMBI EKSPRES:
Pemerintah Dituding Tidak Tanggap Atas Kerusakan Jalan
Pemerintah, khususnya Dinas PU Jambi dituding tidak tanggap dan serius atas kerusakan jalan dan jembatan yang terjadi di sejumlah daerah.
Tokoh masyarakat dan anggota DPRD Provinsi Jambi Dapil Kabupaten Kerinci, Nur Kamal di Jambi, Sabtu mengatakan, di Kabupaten Kerinci sejumlah jalan dan jembatan ke sentra produksi rusak parah, dan menyebabkan komoditi pertanian tidak biasa diangkut.
Ia memberi contoh, jembatan Ma Semerah di Desa Semurup yang padat dilewati kendaraan dan juga menuju sentra produksi, kondisinya kini rusak parah.
"Di Kabupaten Kerinci kini juga terjadi kasus terancam membusuknya ratusan ton sayur mayur milik petani karena tidak dipanen, disebabkan minimnya sarana jalan menuju ke lokasi pemasaran," katanya.
Kerusakan jalan dan jembatan juga terjadi di sejumlah kabupaten yang merupakan jalur sosial dan ekonomi, seperti di Sarolangun, Muara Bulian, Muara Tembesi, dan Kuala Tungkal.
Gubernur Jambi jauh-jauh hari sudah memerintahkan Dinas PU supaya tanggap dan segera mengatasi kerusakan jalan, namun tidak ditanggapi serius oleh instansi tersebut.
Hal senada juga diutarakan sejumlah pengemudi yang menuding Dinas PU Jambi kurang tanggap atas kerusakan jalan yang kini terjadi, sehingga mengganggu kelancaran arus barang dean penumpang.
Roni (34), pengemudi truk, mengatakan, rute Jambi-Kerinci, yang biasanya bisa ditempuh paling lama 12 jam, kini bisa mencapai 16 jam.
"Jalan dan jembatan yang banyak rusak, apalagi di tengah guyuran hujan sering membuat kendaraan terjebak atau terperosok, sehingga menghalangi kendaraan lainnya untuk melintas," katanya.
Bardi (25), pengemudi lainnya, mengtakan, kerusakan jalan hampir terjadi di semua daerah di Provinsi Jambi yang sering dilaluinya.
"Kita berharap Dinas PU segera memperbaiki kerusakan jalan dan jembatan yang terjadi hampir di semua kota dan kabupaten dalam wilayah Provinsi Jambi, supaya angkutan barang dan penumpang bisa lancar," kata Bardi.
Pemerintah Dituding Tidak Tanggap Atas Kerusakan Jalan
Pemerintah, khususnya Dinas PU Jambi dituding tidak tanggap dan serius atas kerusakan jalan dan jembatan yang terjadi di sejumlah daerah.
Tokoh masyarakat dan anggota DPRD Provinsi Jambi Dapil Kabupaten Kerinci, Nur Kamal di Jambi, Sabtu mengatakan, di Kabupaten Kerinci sejumlah jalan dan jembatan ke sentra produksi rusak parah, dan menyebabkan komoditi pertanian tidak biasa diangkut.
Ia memberi contoh, jembatan Ma Semerah di Desa Semurup yang padat dilewati kendaraan dan juga menuju sentra produksi, kondisinya kini rusak parah.
"Di Kabupaten Kerinci kini juga terjadi kasus terancam membusuknya ratusan ton sayur mayur milik petani karena tidak dipanen, disebabkan minimnya sarana jalan menuju ke lokasi pemasaran," katanya.
Kerusakan jalan dan jembatan juga terjadi di sejumlah kabupaten yang merupakan jalur sosial dan ekonomi, seperti di Sarolangun, Muara Bulian, Muara Tembesi, dan Kuala Tungkal.
Gubernur Jambi jauh-jauh hari sudah memerintahkan Dinas PU supaya tanggap dan segera mengatasi kerusakan jalan, namun tidak ditanggapi serius oleh instansi tersebut.
Hal senada juga diutarakan sejumlah pengemudi yang menuding Dinas PU Jambi kurang tanggap atas kerusakan jalan yang kini terjadi, sehingga mengganggu kelancaran arus barang dean penumpang.
Roni (34), pengemudi truk, mengatakan, rute Jambi-Kerinci, yang biasanya bisa ditempuh paling lama 12 jam, kini bisa mencapai 16 jam.
"Jalan dan jembatan yang banyak rusak, apalagi di tengah guyuran hujan sering membuat kendaraan terjebak atau terperosok, sehingga menghalangi kendaraan lainnya untuk melintas," katanya.
Bardi (25), pengemudi lainnya, mengtakan, kerusakan jalan hampir terjadi di semua daerah di Provinsi Jambi yang sering dilaluinya.
"Kita berharap Dinas PU segera memperbaiki kerusakan jalan dan jembatan yang terjadi hampir di semua kota dan kabupaten dalam wilayah Provinsi Jambi, supaya angkutan barang dan penumpang bisa lancar," kata Bardi.
RUMAH GADANG SEKARANG RUSAK PARAH TAMPA PERAWATAN
JAMBI EKSPRES:
Peneliti: Rumah Gadang Sambilan Ruang Rusak
Jumat, 25 Maret 2011 22:23 WIB | 54 Views
Rumah Gadang Sambilan Ruang yang merupakan rumah adat Minangkabau tertua di Nagari Budaya, Pariangan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar), mengalami kerusakan karena kurang perhatian dan perawatan.
Rumah Gadang Sambilan Ruang (sembilan ruang), merupakan salah satu kekayaan situs bersejarah di Nagari Budaya Pariangan, namun kini mengalami kerusakan, kata peneliti arsitektur dari Fakultas Teknik Arsitektur Universitas Bung Hatta, Dr Eko Alvares di Padang, Jumat.
Ia menyebutkan, masyarakat Pariangan menyakini Rumah Gadang Sambilan Ruang merupakan rumah adat Minang tertua di nagari tersebut.
Menurut dia, faktor-faktor penyebab kerusakan rumah gadang tersebut, antara lain karena sudah tidak dihuni lagi, sehingga tidak ada perhatian untuk pemeliharaannya.
Selain itu, belum ada usaha untuk memperbaiki rumah gadang tersebut disebabkan rendahnya kemampuan ekonomi dan tidak adanya kesepakatan anggota keluarga pemiliknya untuk memperbaiki rumah.
Pada bagian lain, tambahnya, banyak "Rumah Gadang" di Sumbar ditinggalkan penghuninya akibat berbagai faktor perkembangan kehidupan, padahal bangunan adat tersebut dibangun dengan desain tahan gempa.
Salah satu penyebab banyaknya Rumah Gadang ditinggalkan penghuninya karena masyarakat Minang kini cenderung ingin memiliki rumah sendiri yang terpisah dari rumah kaumnya (Rumah Gadang, red), kata Eko Alvares.
Menurut dia, Rumah Gadang merupakan salah satu pengikat kaum adat masyarakat Minangkabau, namun perkembangan zaman menyebabkan bangunan khas budaya ini sudah banyak ditinggalkan.
Ia menyebabkan, banyak masyarakat ingin memiliki rumah sendiri terlepas dari rumah kaumnya karena Rumah Gadang dinilai sudah tidak mampu lagi menampung sejumlah aktifitas masing-masing anggota keluarga penghuni.
Selain itu, kurangnya kemampuan materi para pemilik Rumah Gadang untuk memperbaiki atau membangun rumah sejenis yang baru, tambahnya.
Ia mengatakan, kondisi ini cukup disayangkan apalagi, arsitektur Minangkabau dalam bangunan Rumah Gadang mengadopsi teknik bangunan tahan gempa.
"Para pakar arsitektur selama ini mengenal Rumah Gadang merupakan salah satu bangunan dengan konstruksi tahan gempa", tambahnya Dr Eko Alvares.
Tahan gempa ini karena arsitektur Rumah Gadang memiliki keunikan bentuk pada atap yang menyerupai tanduk kerbau dibuat dari bahan ijuk. Bentuk badan rumah segi empat dan membesar ke atas (trapesium terbalik).
Ia menambahkan, atap Rumah Gadang melengkung tajam seperti bentuk tanduk kerbau yang sisinya melengkung ke dalam, sedangkan bagian tengahnya rendah seperti perahu dan secara estetika merupakan komposisi yang dinamis.
"Desain bangunan seperti ini menurut para ahli arsitektur merupakan kontruksi bangunan tahan gempa," katanya.
Reproduksi dan Rumah Gadang
Siklus reproduksi di masyarakat Minang membawa dampak bagi tatanan ruang dalam rumah adatnya.
Ada empat aspek penting di kehidupan sosial Minangkabau yang sudah dikenal oleh banyak orang. Inilah yang tergambar dalam penelitian Cecilia Ng, lulusan Australian National University yang mengkhususkan diri pada prinsip-prinsip dasar organisasi ruang domestik pada orang Minangkabau di Sumatra Utara.
Yang pertama, penduduk Minangkabau sendiri terdiri dari beberapa suku, yang kemudian lebih difokuskan pada garis silsilah (sa-payuang). Satu kelompok silsilah ini kemudian dipimpin oleh seseorang yang disebut panghulu.
Yang kedua adalah Minangkabau menganut sistem matrifocal (mengikuti garis keturunan ibu), jadi peran wanita di sini lebih besar dari peran laki-laki.
Ketiga, hubungan yang terjadi karena pernikahan, merupakan cara yang paling signifikan untuk membedakan kelompok-kelompok masyarakatnya. Pengelompokan akan terlihat jelas saat ditelusuri silsilah keluarganya.
Yang terakhir adalah pola gerak anak laki-laki. Anak laki-laki akan terus berpindah tempat sampai dia dewasa. Anak laki-laki yang belum disunat, tidur di dalam rumah ibunya, sedangkan yag telah disunat akan tidur di mushola sampai menikah. Sebelum menikah mereka akan menerima pelajaran tentang Islam dari para tetua. Laki-laki remaja yang tidur di dalam rumah yang sudah ada pasangan suami-istrinya (kakak perempuannya sudah menikah), akan membuat pasangan yang sudah menikah itu malu. Biasanya pihak yang dilamar adalah pihak laki-laki. Karena itu setelah menikah, laki-laki akan pindah ke rumah istrinya.
Organisasi Ruang
Rumah gadang selalu berbentuk persegi panjang. Ada tiga macam ukuran, yaitu yang paling besar adalah rumah dengan 30 kolom, 20 kolom, dan yang paling kecil 12 kolom. Namun ketiga ukuran rumah itu mempunyai organisasi ruang yang sama persis.
Rumah Gadang merupakan rumah tradisional hasil kebudayaan suku Minangkabau yang hidup di daerah Bukit Barisan di sepanjang pantai barat Pulau Sumatera bagian tengah. Sebagaimana halnya rumah di daerah katulistiwa, rumah gadang dibangun di atas tiang (panggung), mempunyai kolong yang tinggi. Atapnya yang lancip merupakan arsitektur yang khas yang membedakannya dengan bangunan suku bangsa lain di daerah garis katulistiwa itu.
Sebagai suatu kreatifitas kebudayaan suku bangsa, ia dinyatakan dengan rasa bangga, dengan bahasa yang liris, serta metafora yang indah dan kaya. Juga ia diucapkan dengan gaya yang beralun pada pidato dalam situasi yang tepat.
Bunyinya ialah sebagai berikut :
Rumah gadang sambilan ruang,
salanja kudo balari, sapakiak budak maimbau,
sajariah kubin malayang.
Gonjongnyo rabuang mambasuik,
antiang-antiangnyo disemba alang.
Parabuangnyo si ula gerang,
batatah timah putiah,
barasuak tareh limpato,
Cucurannyo alang babega,
saga tasusun bak bada mudiak.
Parannyo si ula gerang batata aia ameh,
salo-manyalo aia perak.
Jariaunyo puyuah balari,
indah sungguah dipandang mato,
tagamba dalam sanubari.
Dindiang ari dilanja paneh.
Tiang panjang si maharajo lelo,
tiang pangiriang mantari dalapan,
tiang dalapan, tiang tapi panagua jamu,
tiang dalam puti bakabuang.
Ukiran tonggak jadi ukuran,
batatah aia ameh,
disapuah jo tanah kawi,
kamilau mato mamandang.
Dama tirih bintang kemarau.
Batu tala pakan camin talayang.
Cibuak mariau baru sudah.
Pananjua parian bapantua.
Halaman kasiak tabantang,
pasia lumek bagai ditintiang.
Pakarangan bapaga hiduik,
pudiang ameh paga lua,
pudiang perak paga dalam,
batang kamuniang pautan kudo,
Lasuangnyo batu balariak,
alunyo linpato bulek,
limau manih sandarannyo.
Gadih manumbuak jolong gadang,
ayam mancangkua jolong turun,
lah kanyang baru disiuahkan,
Jo panggalan sirantiah dolai,
ujuangnyo dibari bajambua suto.
Ado pulo bakolam ikan,
aianyo bagai mato kuciang,
lumpua tido lumuikpun tido,
ikan sapek babayangan,
ikan gariang jinak-jinak,
ikan puyu barandai ameh.
Rangkiangnyo tujuah sajaja,
di tangah si tinjau lauik,
panjapuik dagang lalu,
paninjau pancalang masuak,
di kanan si bayau bayau,
lumbuang makan patang pagi,
di kiri si tangguang lapa,
tampek si miskin salang tenggang,
panolong urang kampuang
di musim lapa gantuang tungku,
lumbuang Kaciak salo nanyalo,
tampek manyimpan padi abuan.
Artinya :
Rumah gadang sembilan ruang,
sejajar kuda berlari,
sepekik budak memanggil,
sepuas limpato makan,
sejerih kubin melayang.
Gonjongnya bambu membersit,
anting-anting disambar elang.
Perabungnya si ular gerang,
bertatah timah putih,
berasuk teras limpato.
Cucurannya elang berbegar,
sagar tersusun bagai badar mudik.
Parannya bak si bianglala,
bertatah air emas,
sela-menyela air perak.
Jeriaunya puyuh berlari,
indah sungguh dipandang mata,
tergambar dalam sanubari.
Dinding ari dilanjar panas.
Tiang panjang si maharajalela,
tiang pengiring menteri delapan,
tiang tepi penegur tamu,
tiang dalam putri berkabung.
Ukiran tonggak jadi ukuran,
bertatah air emas,
disepuh dengan tanah kawi,
kemilau mata memandang.
Damar tiris bintang kemarau.
Batu telapakan cermin terlayang,
Cibuk meriau baru sudah,
penanjur perian ber pantul.
Halaman kersik terbentang,
pasir lumat bagai ditinting.
Pekarangan berpagar hidup,
puding emas pagar luar,
puding merah pagar dalam.
Pohon kemuning pautan kuda.
Lesungnya batu berlari,
alunya limpato bulat.
Limau manis sandarannya.
Gadis menumbuk jolong gadang,
ayam mencangkur jolong turun,
sudah kenyang baru dihalaukan,
dengan galah sirantih dolai,
ujungnya diberi berjambul sutera.
Ada pula kolam ikan,
airnya bagai mata kucing,
berlumpur tidak berlumut pun tidak,
ikan sepat berlayangan,
ikan garing jinak-jinak,
ikan puyu beradai emas.
Rangkiangnya tujuh sejajar,
di tengah sitinjau laut,
penjemput dagang lalu,
peninjau pencalang masuk,
di kanan si bayau-bayau,
lumbung makan petang pagi,
di kiri si tanggung lapar,
tempat si miskin selang tenggang,
penolong orang kampung,
di musim lapar gantung tungku,
lumbung kecil sela-menyela,
tempat menyimpan padi abuan.
ARSITEKTUR
Masyarakat Minangkabau sebagai suku bangsa yang nenganut falsafah “alam takambang jadi guru”, mereka menyelaraskan kehidupan pada susunan alam yang harmonis tetapi juga dinamis, sehingga kehidupannya menganut teori dialektis, yang mereka sebut “bakarano bakajadian” (bersebab dan berakibat) yang menimbulkan berbagai pertentangan dan keseimbangan. Buah karyanya yang menumental seperti rumah gadang itu pun mengandung rumusan falsafah itu.
BENTUK DASARNYA
Rumah gadang itu persegi empat yang tidak simetris yang mengembang ke atas. Atapnya melengkung tajam seperti bentuk tanduk kerbau, sedangkan lengkung badan rumah Iandai seperti badan kapal. Bentuk badan rumah gadang yang segi empat yang membesar ke atas (trapesium terbalik) sisinya melengkung kedalam atau rendah di bagian tengah, secara estetika merupakan komposisi yang dinamis.
Jika dilihat pula dari sebelah sisi bangunan (penampang), maka segi empat yang membesar ke atas ditutup oleh bentuk segi tiga yang juga sisi segi tiga itu melengkung ke arah dalam, semuanya membentuk suatu keseimbangan estetika yang sesuai dengan ajaran hidup mereka.
Sebagai suku bangsa yang menganut falsafah alam, garis dan bentuk rumah gadangnya kelihatan serasi dengan bentuk alam Bukit Barisan yang bagian puncaknya bergaris lengkung yang meninggi pada bagian tengahnya serta garis lerengnya melengkung dan mengembang ke bawah dengan bentuk bersegi tiga pula.
Jadi, garis alam Bukit Barisan dan garis rumah gadang merupakan garis-garis yang berlawanan, tetapi merupakan komposisi yang harmonis jika dilihat secara estetika. Jika dilihat dan segi fungsinya, garis-garis rumah gadang menunjukkan penyesuaian dengan alam tropis. Atapnya yang lancip berguna untuk membebaskan endapan air pada ijuk yang berlapis-lapis itu, sehingga air hujan yang betapa pun sifat curahannya akan meluncur cepat pada atapnya.
Bangun rumah yang membesar ke atas, yang mereka sebut silek, membebaskannya dan terpaan tampias. Kolongnya yang tinggi memberikan hawa yang segar, terutama pada musim panas. Di samping itu rumah gadang dibangun berjajaran menurut arah mata angin dari utara ke selatan guna membebaskannya dari panas matahari serta terpaan angin.
Jika dilihat secara keseluruhan, arsitektur rumah gadang itu dibangun menurut syarat-syarat estetika dan fungsi yang sesuai dengan kodrat atau yang mengandung nilai-nilai kesatuan, kelarasan, keseimbangan, dan kesetangkupan dalam keutuhannya yang padu.
Peneliti: Rumah Gadang Sambilan Ruang Rusak
Jumat, 25 Maret 2011 22:23 WIB | 54 Views
Rumah Gadang Sambilan Ruang yang merupakan rumah adat Minangkabau tertua di Nagari Budaya, Pariangan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar), mengalami kerusakan karena kurang perhatian dan perawatan.
Rumah Gadang Sambilan Ruang (sembilan ruang), merupakan salah satu kekayaan situs bersejarah di Nagari Budaya Pariangan, namun kini mengalami kerusakan, kata peneliti arsitektur dari Fakultas Teknik Arsitektur Universitas Bung Hatta, Dr Eko Alvares di Padang, Jumat.
Ia menyebutkan, masyarakat Pariangan menyakini Rumah Gadang Sambilan Ruang merupakan rumah adat Minang tertua di nagari tersebut.
Menurut dia, faktor-faktor penyebab kerusakan rumah gadang tersebut, antara lain karena sudah tidak dihuni lagi, sehingga tidak ada perhatian untuk pemeliharaannya.
Selain itu, belum ada usaha untuk memperbaiki rumah gadang tersebut disebabkan rendahnya kemampuan ekonomi dan tidak adanya kesepakatan anggota keluarga pemiliknya untuk memperbaiki rumah.
Pada bagian lain, tambahnya, banyak "Rumah Gadang" di Sumbar ditinggalkan penghuninya akibat berbagai faktor perkembangan kehidupan, padahal bangunan adat tersebut dibangun dengan desain tahan gempa.
Salah satu penyebab banyaknya Rumah Gadang ditinggalkan penghuninya karena masyarakat Minang kini cenderung ingin memiliki rumah sendiri yang terpisah dari rumah kaumnya (Rumah Gadang, red), kata Eko Alvares.
Menurut dia, Rumah Gadang merupakan salah satu pengikat kaum adat masyarakat Minangkabau, namun perkembangan zaman menyebabkan bangunan khas budaya ini sudah banyak ditinggalkan.
Ia menyebabkan, banyak masyarakat ingin memiliki rumah sendiri terlepas dari rumah kaumnya karena Rumah Gadang dinilai sudah tidak mampu lagi menampung sejumlah aktifitas masing-masing anggota keluarga penghuni.
Selain itu, kurangnya kemampuan materi para pemilik Rumah Gadang untuk memperbaiki atau membangun rumah sejenis yang baru, tambahnya.
Ia mengatakan, kondisi ini cukup disayangkan apalagi, arsitektur Minangkabau dalam bangunan Rumah Gadang mengadopsi teknik bangunan tahan gempa.
"Para pakar arsitektur selama ini mengenal Rumah Gadang merupakan salah satu bangunan dengan konstruksi tahan gempa", tambahnya Dr Eko Alvares.
Tahan gempa ini karena arsitektur Rumah Gadang memiliki keunikan bentuk pada atap yang menyerupai tanduk kerbau dibuat dari bahan ijuk. Bentuk badan rumah segi empat dan membesar ke atas (trapesium terbalik).
Ia menambahkan, atap Rumah Gadang melengkung tajam seperti bentuk tanduk kerbau yang sisinya melengkung ke dalam, sedangkan bagian tengahnya rendah seperti perahu dan secara estetika merupakan komposisi yang dinamis.
"Desain bangunan seperti ini menurut para ahli arsitektur merupakan kontruksi bangunan tahan gempa," katanya.
Reproduksi dan Rumah Gadang
Siklus reproduksi di masyarakat Minang membawa dampak bagi tatanan ruang dalam rumah adatnya.
Ada empat aspek penting di kehidupan sosial Minangkabau yang sudah dikenal oleh banyak orang. Inilah yang tergambar dalam penelitian Cecilia Ng, lulusan Australian National University yang mengkhususkan diri pada prinsip-prinsip dasar organisasi ruang domestik pada orang Minangkabau di Sumatra Utara.
Yang pertama, penduduk Minangkabau sendiri terdiri dari beberapa suku, yang kemudian lebih difokuskan pada garis silsilah (sa-payuang). Satu kelompok silsilah ini kemudian dipimpin oleh seseorang yang disebut panghulu.
Yang kedua adalah Minangkabau menganut sistem matrifocal (mengikuti garis keturunan ibu), jadi peran wanita di sini lebih besar dari peran laki-laki.
Ketiga, hubungan yang terjadi karena pernikahan, merupakan cara yang paling signifikan untuk membedakan kelompok-kelompok masyarakatnya. Pengelompokan akan terlihat jelas saat ditelusuri silsilah keluarganya.
Yang terakhir adalah pola gerak anak laki-laki. Anak laki-laki akan terus berpindah tempat sampai dia dewasa. Anak laki-laki yang belum disunat, tidur di dalam rumah ibunya, sedangkan yag telah disunat akan tidur di mushola sampai menikah. Sebelum menikah mereka akan menerima pelajaran tentang Islam dari para tetua. Laki-laki remaja yang tidur di dalam rumah yang sudah ada pasangan suami-istrinya (kakak perempuannya sudah menikah), akan membuat pasangan yang sudah menikah itu malu. Biasanya pihak yang dilamar adalah pihak laki-laki. Karena itu setelah menikah, laki-laki akan pindah ke rumah istrinya.
Organisasi Ruang
Rumah gadang selalu berbentuk persegi panjang. Ada tiga macam ukuran, yaitu yang paling besar adalah rumah dengan 30 kolom, 20 kolom, dan yang paling kecil 12 kolom. Namun ketiga ukuran rumah itu mempunyai organisasi ruang yang sama persis.
Rumah Gadang merupakan rumah tradisional hasil kebudayaan suku Minangkabau yang hidup di daerah Bukit Barisan di sepanjang pantai barat Pulau Sumatera bagian tengah. Sebagaimana halnya rumah di daerah katulistiwa, rumah gadang dibangun di atas tiang (panggung), mempunyai kolong yang tinggi. Atapnya yang lancip merupakan arsitektur yang khas yang membedakannya dengan bangunan suku bangsa lain di daerah garis katulistiwa itu.
Sebagai suatu kreatifitas kebudayaan suku bangsa, ia dinyatakan dengan rasa bangga, dengan bahasa yang liris, serta metafora yang indah dan kaya. Juga ia diucapkan dengan gaya yang beralun pada pidato dalam situasi yang tepat.
Bunyinya ialah sebagai berikut :
Rumah gadang sambilan ruang,
salanja kudo balari, sapakiak budak maimbau,
sajariah kubin malayang.
Gonjongnyo rabuang mambasuik,
antiang-antiangnyo disemba alang.
Parabuangnyo si ula gerang,
batatah timah putiah,
barasuak tareh limpato,
Cucurannyo alang babega,
saga tasusun bak bada mudiak.
Parannyo si ula gerang batata aia ameh,
salo-manyalo aia perak.
Jariaunyo puyuah balari,
indah sungguah dipandang mato,
tagamba dalam sanubari.
Dindiang ari dilanja paneh.
Tiang panjang si maharajo lelo,
tiang pangiriang mantari dalapan,
tiang dalapan, tiang tapi panagua jamu,
tiang dalam puti bakabuang.
Ukiran tonggak jadi ukuran,
batatah aia ameh,
disapuah jo tanah kawi,
kamilau mato mamandang.
Dama tirih bintang kemarau.
Batu tala pakan camin talayang.
Cibuak mariau baru sudah.
Pananjua parian bapantua.
Halaman kasiak tabantang,
pasia lumek bagai ditintiang.
Pakarangan bapaga hiduik,
pudiang ameh paga lua,
pudiang perak paga dalam,
batang kamuniang pautan kudo,
Lasuangnyo batu balariak,
alunyo linpato bulek,
limau manih sandarannyo.
Gadih manumbuak jolong gadang,
ayam mancangkua jolong turun,
lah kanyang baru disiuahkan,
Jo panggalan sirantiah dolai,
ujuangnyo dibari bajambua suto.
Ado pulo bakolam ikan,
aianyo bagai mato kuciang,
lumpua tido lumuikpun tido,
ikan sapek babayangan,
ikan gariang jinak-jinak,
ikan puyu barandai ameh.
Rangkiangnyo tujuah sajaja,
di tangah si tinjau lauik,
panjapuik dagang lalu,
paninjau pancalang masuak,
di kanan si bayau bayau,
lumbuang makan patang pagi,
di kiri si tangguang lapa,
tampek si miskin salang tenggang,
panolong urang kampuang
di musim lapa gantuang tungku,
lumbuang Kaciak salo nanyalo,
tampek manyimpan padi abuan.
Artinya :
Rumah gadang sembilan ruang,
sejajar kuda berlari,
sepekik budak memanggil,
sepuas limpato makan,
sejerih kubin melayang.
Gonjongnya bambu membersit,
anting-anting disambar elang.
Perabungnya si ular gerang,
bertatah timah putih,
berasuk teras limpato.
Cucurannya elang berbegar,
sagar tersusun bagai badar mudik.
Parannya bak si bianglala,
bertatah air emas,
sela-menyela air perak.
Jeriaunya puyuh berlari,
indah sungguh dipandang mata,
tergambar dalam sanubari.
Dinding ari dilanjar panas.
Tiang panjang si maharajalela,
tiang pengiring menteri delapan,
tiang tepi penegur tamu,
tiang dalam putri berkabung.
Ukiran tonggak jadi ukuran,
bertatah air emas,
disepuh dengan tanah kawi,
kemilau mata memandang.
Damar tiris bintang kemarau.
Batu telapakan cermin terlayang,
Cibuk meriau baru sudah,
penanjur perian ber pantul.
Halaman kersik terbentang,
pasir lumat bagai ditinting.
Pekarangan berpagar hidup,
puding emas pagar luar,
puding merah pagar dalam.
Pohon kemuning pautan kuda.
Lesungnya batu berlari,
alunya limpato bulat.
Limau manis sandarannya.
Gadis menumbuk jolong gadang,
ayam mencangkur jolong turun,
sudah kenyang baru dihalaukan,
dengan galah sirantih dolai,
ujungnya diberi berjambul sutera.
Ada pula kolam ikan,
airnya bagai mata kucing,
berlumpur tidak berlumut pun tidak,
ikan sepat berlayangan,
ikan garing jinak-jinak,
ikan puyu beradai emas.
Rangkiangnya tujuh sejajar,
di tengah sitinjau laut,
penjemput dagang lalu,
peninjau pencalang masuk,
di kanan si bayau-bayau,
lumbung makan petang pagi,
di kiri si tanggung lapar,
tempat si miskin selang tenggang,
penolong orang kampung,
di musim lapar gantung tungku,
lumbung kecil sela-menyela,
tempat menyimpan padi abuan.
ARSITEKTUR
Masyarakat Minangkabau sebagai suku bangsa yang nenganut falsafah “alam takambang jadi guru”, mereka menyelaraskan kehidupan pada susunan alam yang harmonis tetapi juga dinamis, sehingga kehidupannya menganut teori dialektis, yang mereka sebut “bakarano bakajadian” (bersebab dan berakibat) yang menimbulkan berbagai pertentangan dan keseimbangan. Buah karyanya yang menumental seperti rumah gadang itu pun mengandung rumusan falsafah itu.
BENTUK DASARNYA
Rumah gadang itu persegi empat yang tidak simetris yang mengembang ke atas. Atapnya melengkung tajam seperti bentuk tanduk kerbau, sedangkan lengkung badan rumah Iandai seperti badan kapal. Bentuk badan rumah gadang yang segi empat yang membesar ke atas (trapesium terbalik) sisinya melengkung kedalam atau rendah di bagian tengah, secara estetika merupakan komposisi yang dinamis.
Jika dilihat pula dari sebelah sisi bangunan (penampang), maka segi empat yang membesar ke atas ditutup oleh bentuk segi tiga yang juga sisi segi tiga itu melengkung ke arah dalam, semuanya membentuk suatu keseimbangan estetika yang sesuai dengan ajaran hidup mereka.
Sebagai suku bangsa yang menganut falsafah alam, garis dan bentuk rumah gadangnya kelihatan serasi dengan bentuk alam Bukit Barisan yang bagian puncaknya bergaris lengkung yang meninggi pada bagian tengahnya serta garis lerengnya melengkung dan mengembang ke bawah dengan bentuk bersegi tiga pula.
Jadi, garis alam Bukit Barisan dan garis rumah gadang merupakan garis-garis yang berlawanan, tetapi merupakan komposisi yang harmonis jika dilihat secara estetika. Jika dilihat dan segi fungsinya, garis-garis rumah gadang menunjukkan penyesuaian dengan alam tropis. Atapnya yang lancip berguna untuk membebaskan endapan air pada ijuk yang berlapis-lapis itu, sehingga air hujan yang betapa pun sifat curahannya akan meluncur cepat pada atapnya.
Bangun rumah yang membesar ke atas, yang mereka sebut silek, membebaskannya dan terpaan tampias. Kolongnya yang tinggi memberikan hawa yang segar, terutama pada musim panas. Di samping itu rumah gadang dibangun berjajaran menurut arah mata angin dari utara ke selatan guna membebaskannya dari panas matahari serta terpaan angin.
Jika dilihat secara keseluruhan, arsitektur rumah gadang itu dibangun menurut syarat-syarat estetika dan fungsi yang sesuai dengan kodrat atau yang mengandung nilai-nilai kesatuan, kelarasan, keseimbangan, dan kesetangkupan dalam keutuhannya yang padu.
11 PERUSAHAAN PESERTA TENDER GEDUNG BARU DPR
JAMBI EKSPRES:
Inilah Sebelas Perusahaan Peserta Tender Gedung DPR
Jum'at, 25 Maret 2011 | 15:51 WIB
Jakarta - Sekretaris Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Nining Indra mengatakan ada sebelas perusahaan yang mendaftar sebagai peserta lelang pembangunan gedung baru DPR. Sebelas perusahaan yang berminat membangun gedung senilai Rp 1,138 triliun itu adalah:
1. PT Hutama Karya
2. PT Waskita Karya
3. PT PP (Persero)
4. PT Tetra Konstruksindo
5. PT Nindya Karya
6. KSO -Adhi Wika
7. PT Duta Graha Indah
8. PT Krakatau Engineering
9. PT Abdi Mulia Berkah
10. PT Jaya Konstruksi MP
11. PT Tiga Mutiara
Nining mengatakan sudah bertemu Ketua DPR Marzuki Alie untuk membicarakan soal proses lelang. Dari hasil pertemuan tersebut, Nining mengatakan tidak ada arahan apapun terkait penentuan pemenang tender. "Untuk proses penunjukan pemenang harus mengundang KPK, BPK dan LSM," kata Nining di Gedung Nusantara III DPR Jakarta, Jumat (25/3).
Penutupan pendaftaran lelang tender pembangunan gedung baru DPR RI akan berakhir pada Jumat 25 Maret 2011. Pihak Sekretariat Jenderal DPR akan terus memberikan informasi tentang pembangunan gedung baru ini.
Inilah Sebelas Perusahaan Peserta Tender Gedung DPR
Jum'at, 25 Maret 2011 | 15:51 WIB
Jakarta - Sekretaris Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Nining Indra mengatakan ada sebelas perusahaan yang mendaftar sebagai peserta lelang pembangunan gedung baru DPR. Sebelas perusahaan yang berminat membangun gedung senilai Rp 1,138 triliun itu adalah:
1. PT Hutama Karya
2. PT Waskita Karya
3. PT PP (Persero)
4. PT Tetra Konstruksindo
5. PT Nindya Karya
6. KSO -Adhi Wika
7. PT Duta Graha Indah
8. PT Krakatau Engineering
9. PT Abdi Mulia Berkah
10. PT Jaya Konstruksi MP
11. PT Tiga Mutiara
Nining mengatakan sudah bertemu Ketua DPR Marzuki Alie untuk membicarakan soal proses lelang. Dari hasil pertemuan tersebut, Nining mengatakan tidak ada arahan apapun terkait penentuan pemenang tender. "Untuk proses penunjukan pemenang harus mengundang KPK, BPK dan LSM," kata Nining di Gedung Nusantara III DPR Jakarta, Jumat (25/3).
Penutupan pendaftaran lelang tender pembangunan gedung baru DPR RI akan berakhir pada Jumat 25 Maret 2011. Pihak Sekretariat Jenderal DPR akan terus memberikan informasi tentang pembangunan gedung baru ini.
Langganan:
Postingan (Atom)