Laman

Jumat, 07 Januari 2011

JUAL SAHAM 1,3 MILIAR DOLLAR

JAMBI EKSPRES:

Untuk kali pertama sejak memiliki saham Microsoft Corporation tujuh tahun lalu, Steve Ballmer, Chief Executive Officer Microsoft, melepas 49,3 juta sahamnya senilai total 1,3 miliar dollar AS. Badan Pengawas Pasar Modal Amerika Serikat atau SEC menyebutkan, Ballmer menjual sahamnya secara bertahap, masing-masing pada Rabu (3/11/2010) sebayak 21,87 juta saham, Kamis 14,35 juta saham, dan Jumat 13,12 juta saham.

Dengan penjualan saham tersebut, saat ini Ballmer masih memiki 358,91 juta saham perusahaan perangkat lunak itu dengan nilai 9,64 miliar dollar AS atau 4,2 persen dari total kepemilikan saham Microsoft. Rencananya, hingga akhir tahun nanti, ia akan kembali melego sahamnya total hingga 75 juta saham atau mengurangi 18 persen kepemilikannya di Microsoft.

Tetap berkomitmen Ballmer menegaskan, ia menjual sebagian sahamnya di Microsoft untuk memecah investasinya ke tempat lain dan membantu rencana pajaknya. "Ini hanya masalah finansial pribadi, bukan berarti saya tidak percaya lagi dengan kinerja Microsoft," ujarnya.

Maklum, aksi Ballmer menjual sahamnya itu sempat menyulut spekulasi soal adanya ketidakberesan di Microsoft. "Meski ini masalah finansial pribadi, saya ingin mengklarifikasi untuk mencegah spekulasi," kata dia. Pemegang saham terbesar kedua di raksasa software yang bermarkas di Redmond, Washington, ini mengatakan, dia sangat senang dengan produk-produk baru Microsoft dan teknologinya bepotensi memberikan perubahan bagi kehidupan banyak orang di muka Bumi. "Saya tetap berkomitmen untuk Microsoft dan akan menyukseskannya," kata Ballmer.

Dalam pertemuan dengan karyawan bagian teknologi bulan lalu, Ballmer juga mengatakan, dia sama sekali tidak ada rencana untuk mundur dari Microsoft dalam waktu dekat. Catatan saja, Ballmer pertama kali bergabung dengan Microsoft pada 1980. Waktu itu, ia menjabat sebagai manajer bisnis. Sejak 2002, Ballmer memegang tampuk pimpinan tertinggi selaku CEO menggantikan Bill Gates yang pensiun.

Gates merupakan pendiri Microsoft sekaligus pemilik saham terbesar perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia tersebut. Ia mengantongi 621 juta saham atau 7,2 persen saham Microsoft. Secara berkala, Gates menjual 1 juta hingga 3 juta saham untuk membiayai yayasan amal miliknya. Contoh, pekan lalu, salah satu orang paling kaya sejagad ini melepas sekitar 3 juta sahamnya senilai 54,5 juta dollar AS.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar