Laman

Jumat, 07 Januari 2011

DELL TUTUP UNIT BISNIS NYA

JAMBI EKSPRES:

Secara mengejutkan Dell menutup salah satu unit bisnisnya, Communication Solution Group, yang memproduksi smartphone dan tablet. Penutupan tersebut diumumkan seiring dengan berakhirnya jabatan Ronald Garriques, yang memimpin unit bisnis tersebut.

Menurut informasi yang dilansir situs Wall Street Journal, Kamis (18/11/2010), produk yang dihasilkan unit bisnis tersebut selanjutnya dipindahkan ke semua unit bisnis lainnya. Dell menyatakan, Ron Garriques juga tetap akan bersama Dell sampai Januari 2010 dan sebagai konsultan hingga akhir 2011. Ron Garreques adalah mantan eksekutif Motorola yang digaet Dell untuk mengembangkan unit bisnis produk konsumer. Di bawah kepemimpinannya, Dell berhasil meraih pangsa pasar konsumer, namun tak kunjung mendapat keuntungan signifikan.

Penutupan unit bisnis tersebut cukup mengagetkan di saat Dell tengah berekspansi dari bisnis intinya selama ini yakni berjualan komputer. Sejak Michael Dell kembali menjadi CEO pada 2007, ia mengarahkan perusahaan tersebut untuk mengambil ceruk pasar media penyimpan dan perangkat konsumer. Namun, sayangnya bisnis Dell di pasar konsumer belum juga sukses dan terus merugi.

Dell telah melaporkan total pendapatannya di pasar konsumer sebesar 2,9 miliar dollar AS selama kuartal yang berakhir Juli dan rugi 21 juta dollar AS. Total pendapatannya ini turun dari 3,2 miliar dollar AS dari kuartal sebelumnya dan relatif tak naik dibanding kuartal yang sama tahun lalu.

Tablet Streak merupakan produk terakhir yang dihadilkan unit bisnis tersebut. Peluncurannya sempat tertunda setahun. Meski penjualannya tinggi, Michael Dell tidak puas. Lalu bagaimana nasib perangkat konsumer Dell? Juru bicara Dell mengatakan penutupan unit bisnis tersebut karena perangkat seperti ponsel dan lainnya kini telah berkembang tidak sekedar untuk pasar konsumer tapi juga ke pasar enterprise dan usaha kecil menengah. Penggabungan akan meningkatkan posisi produk Dell di semua ceruk pasar. Jadi, jangan khawatir.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar