Laman

Jumat, 07 Januari 2011

BARU HITUNGAN BULAN

JAMBI EKSPRES:

Ary dan enam orang kawannya tidak pernah menyangka bahwa proyek iseng mereka berbuah penghargaan SparxUp Award, penghargaan bagi digital start up lokal yang kreatif. Padahal proyek iseng mereka yang bernama Kartumuu.com itu baru diluncurkan sekitar tiga bulan yang lalu.

"Kita benar-benar nggak nyangka, benar-benar," ujar salah satu penggagas Kartumuu.com, Ary Kristyanto usai menerima penghargaan SparxUp Award di FX, Sabtu (6/11/2010) malam. Kartumuu.com mendapat penghargaan SparxUp untuk kategori Best Social Network dan posisi ketiga untuk Best of The Best SparxUp Award.

Situs jejaring sosial berlogo hewan sapi itu kata Ary memiliki konsep kirim mengirim kartu. Berawal dari ide mengekspresikan pesan melalui gambar kartu yang dikirim lewat situs jejaring sosial Twitter atau surat elektronik. "Jadi kita mengirim pesan berupa kartu untuk teman kita. Update statusnya lewat kartu," kata Ary.

Hingga kini, pengguna Kartumuu mencapai ratusan orang. Mereka berasal dari golongan umur 25-30 tahun. Ke depannya, Ary dan kawan-kawan berniat memperluas platform, yang semula hanya mungkin melalui Twitter akan diperluas sehingga dapat melalui Facebook dan memiliki versi mobile.

Kemudian, lanjut Ary, pihak Kartumuu.com akan memungkinkan publik mendesain kartunya sendiri. "Kalau saat ini desain kartu kan dari kita. Ada tim desainnya," katanya. Kemudian, jika Anda pernah membuka Kartumuu.com, maka akan tampak konten yang serba Indonesia. Bahasa yang digunakan pun bahasa Indonesia, tidak seperti situs jejaring sosial Facebook atau Twitter. "Memang sengaja, target culture kita Indonesia. Mereka lebih suka Indonesia. Untuk pertama memang, kan small is the new big," papar Ary.

Selain bahasanya yang unik, desain web Kartumuu.com terbilang unik. Didominasi warna hijau, dengan logo sapi hitam-putih yang lucu. Menurut Ary, nama Kartumuu.com memang diambil dari nama sapi. kata "Muu" dengan dobel "U" berarti "Sapi" dalam bahasa Itali. "Tadinya kita mau Kartumu saja, tapi standar ya. Mangkanya diganti jadi Kartumuu. Muu itu artinya Sapi dalam bahasa Italia," kata Ary.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar