Laman

Jumat, 07 Januari 2011

APLIKASI DI CHROME WEB STORE

JAMBI EKSPRES:

Ambisi Google untuk menguasai pasar browser internet terus dilakukan dengan menambah nilai tambah Chrome. Dalam konferensi pers, Rabu (7/12/2010) di San Francisco, AS, Google mengumumkan browser versi teranyar dan toko online yang dirancang khusus untuk aplikasi-aplikasi yang berjalan di atas browser tersebut.

"Tahun ini, jumlah pengguna Chrome meningkat tiga kali lipat dari 40 hingga 120 juta orang. Kecepatan adalah yang dicintai banyak orang pada Chrome, dan kami selalu bekerja agar browser makin cepat," tulis Google dalam blog resminya.

Versi terbaru Chrome menggunakan mesin JavaScript V8 yang diklaim dapat mendongkrak kecepatan akses dua kali lipat ketimbang versi sebelumnya. Google juga membenamkan fitur Google Instant ke dalam Omnibox di Chrome sehingga pengguna kini dapat melihat hasil pencarian secara langsung di bawah toolbox saat pengguna mengetikkan sesuatu.

Dengan kecepatan akses internet lewat broser semakin cepat, Google pun mendorong berbagai jenis aplikasi bisa berjalan di browser. Google pun mendahului browser lain dengan menyediakan toko online yang mengumpulkan aplikasi, ekstenis, theme, dan program tambahan untuk dijalankan secara online lewat browser. Toko online ini juga memberi kesempatan kepada pengembang pihak ketiga untuk menambah penghasilan dengan menjual aplikasi buatannya.

"Hari ini, Chrome Web Store terbuka untuk bisnis. Para pengembang telah mulai mengunggah aplikasi buatannya dan kami berharap jumlah terus bertambah dari waktu ke waktu," ujar Google dalam pernyataannya. Saat ini, toko aplikasi tersebut baru tersedia untuk pengguna di AS, namun Google akan terus merambah ke negara lainnya dan menggunakan transaksi dengan nilai tukar bermacam-macam mulai tahun depan.

Toko online ini juga diluncurkan bersamaan dengan diumumkannya pre beta Chrome OS. Google mengembangkan sistem operasi berbasis web tersebut yang akan mulai dibenamkan dalam berbagai merek notebook dan PC tahun depan. Chrome OS dirancang untuk memberikan pengalaman baru bagi para pengguna untuk mengakses aplikasi langsung dari web dan mendapat update secara otomatis tanpa menggunakan aplikasi yang ter-install di komputer.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar