Laman

Minggu, 10 Oktober 2010

Norgrove Korban Penyelamatan Gagal

JAMBI EKSPRES:

AFGANISTAN

Sabtu, 9 Oktober 2010 | 18:50 WIB
Ilustrasi

Seorang pekerja kemanusiaan Inggris yang diculik pria-pria bersenjata di Afganistan bulan lalu dibunuh oleh para penculiknya, kata kementerian luar negeri Inggris, Sabtu (9/10/2010).

Linda Norgrove, 36 tahun yang disandera di Afganistan timur sejak 26 September setelah diculik bersama dengan tiga rekan Afganistannya di provinsi Kunar, satu daerah yang berbatasan dengan Pakistan yang dikuasai Taliban. "Dengan perasaan yang sangat sedih saya harus mengkonfirmasikan, bahwa Linda Norgrove, pekerja kemanusiaan Inggris ... dibunuh oleh para penculiknya setelah satu usaha penyelamatan Jumat malam," kata Menlu William Hague dalam sebuah pernyataan.

Inggris memiliki 9.500 tentara di Afganistan, bagian dari pasukan yang dipimpin NATO (Pakta Pertahanan Atlantik Utara) yang terdiri sekitar 150.000 tentara sebagian besar AS yang berperang dalam konflik hampir sembilan tahun di Afganistan terhadap kelompok gerilyawan Taliban.

Mengacu pada usaha penyelamatan itu, Hague mengatakan Inggris bekerja sama dengan sekutu-sekutu untuk bertindak setelah ada informasi bahwa nyawa Norgrove berada dalam bahaya. Tidak segera jelas siapa yang melancarkan misi untuk menyelamatkan Norgrove itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar