Laman

Selasa, 01 Februari 2011

HARTA KARUN DARI CIREBON

JAMBI EKSPRES:



Harta Karun Dari Cirebon Dipamerkan
Pengunjung bisa mencium aroma rempah yang merupakan primadona Indonesia di masa lalu.
Rabu, 4 Agustus 2010, 16:22 WIB


Museum Nasional atau Museum Gajah menggelar pameran Warisan Budaya Bawah Air (WBBA) Indonesia. Acara ini berlangsung mulai hari ini, Rabu, 4 Agustus 2010 hingga Minggu, 15 Agustus 2010.

"Lewat pameran ini, diharapkan pengunjung mengetahui bagaimana hukum yang berlaku menyangkut pelestarian dan pemanfaatan WBBA,” kata pejabat Direktorat Kesejarahan dan Purbakala, Kementeriaan Kebudayaan dan Pariwisata, Hari Oentarto.

Selain itu, kata Hari, diharapkan pengunjung dapat mengetahui apa yang sebenarnya terjadi di seputar peristiwa lelang WBBA.

Dalam pameran ini, pengunjung tidak hanya dapat menyaksikan artefak dari kapal tenggelam koleksi negara yang selama ini belum pernah dipublikasikan, tetapi juga dapat mendengar kisah mengenai pengangkatan harta karun atau Benda Berharga asal Muatan Kapal yang Tenggelam (BMKT).

Salah satu harta karun yang dipamerkan berasal dari laut Cirebon. Harta ini sempat menjadi kontroversi saat akan dilelang beberapa bulan lalu.

Pengunjung pameran juga dapat berinteraksi dengan materi pameran dengan membuka panel teks untuk mendapatkan informasi rinci, kemudian mencium aroma rempah-rempah yang merupakan primadona komoditi perdagangan Indonesia di masa itu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar