Laman

Selasa, 01 Februari 2011

DIRUT JASA MARGA TOLAK EVALUASI GAJI PEJABAT

JAMBI EKSPRES:

Gaji Presiden Sebaiknya Lebih Besar dari BUMN

Dirut Jasa Marga menolak adanya evaluasi gaji perjabat
Senin, 31 Januari 2011, 20:01 WIB



Dirut Jasa Marga: Frans S. Sunito

Direktur Utama PT Jasa Marga Persero Tbk Frans Sunito menilai sebaiknya gaji presiden di atas gaji Dirut BUMN. Alasannya beban kerja presiden lebih banyak dibanding Dirut BUMN.

"Harusnya gaji presiden lebih tinggi dari kita. Kasihan kan presiden itu banyak sekali urusannya " katanya di Gedung DPR Senin, Jumat 31 Januari 2011.

Tak hanya presiden, Frans juga setuju dengan langkah pemerintah yang akan menaikkan gaji pegawai negeri sipil (PNS) yang dinilai masih rendah. Hal ini juga dimaksudkan untuk mengurangi potensi penyimpangan karena seseorang dengan gaji kecil dan beban kerja besar rawan melakukan penyimpangan

"Orang yang rendah gajinya akan mudah tergoda," katanya.

Meski gaji Dirut BUMN lebih tinggi dibanding gaji presiden, menurutnya, tidak perlu ada evaluasi bagi gaji pejabat BUMN. Pasalnya gaji pegawai BUMN sama dengan perusahaan swasta.

"Janganlah dikhususkan BUMN, semua perusahaan swasta gajinya sama," kata Frans.

Menurut dia, gaji yang diterimanya sesuai dengan pasar. Standarnya, gaji BUMN tidak lebih tinggi dari industri yang sama.

Meneg BUMN Mustafa Abubakar juga mengatakan pihaknya tidak bisa begitu saja melakukan penyesuaian gaji terhadap karyawan BUMN. Pasalnya, pemerintah khawatir jika gaji direksi di turunkan dan angkanya lebih rendah dari industri sejenis, maka karyawan dan direksi BUMN lebih memilih ke perusahaan lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar