Laman

Kamis, 03 Maret 2011

EVA: MEGA AKAN TOLAK MASUK KOALISI

JAMBI EKSPRES:

Evaluasi Koalisi
Eva: Megawati Pasti Tolak Masuk Koalisi

Rabu, 2 Maret 2011 | 19:11 WIB

Ketua Umum Megawati Soekarnoputri acuh tak acuh dengan kedatangan Ketua Umum PAN Hatta Rajasa ke kediamannya, kemarin malam. Politisi senior PDI-P Eva Sundari mengatakan tak tahu maksud kedatangan Hatta karena Menko Perekonomian ini ditemui oleh suami Mega, Taufiq Kiemas.

Namun, jika maksudnya memang untuk menawari PDI-P masuk ke koalisi, Eva menegaskan, Mega tentu akan menolak.

"Aku ikut omongannya Ibu Mega saja ya waktu pada saat konsolidasi terakhir di DPP pada hari Minggu lalu, kita terikat kongres itu yang akan tetap dipegang oleh kita bahwa kongres tetep minta kita untuk oposisi, ya oposisi. Ya kalau kemudian ada upaya-upaya lain, ya kan seharusnya pendekatannya kepada Ibu Mega karena beliau sebagai ketua umum, lalu beliau (Mega) ngomong, 'Lho yang ketua umum kan saya, Pak SBY juga enggak kontak saya, ya gitulah kalimatnya," ungkapnya di Gedung DPR, Rabu (2/3/2011).

Menurut Eva, Mega datang kemarin malam menjelang makan malam. Ketika Hatta datang, Eva mengatakan, Mega langsung keluar dari rumah dan pergi makan malam bersama putrinya, Puan Maharani, dan Sekjen PDI-P Tjahjo Kumolo.

Hatta akhirnya hanya ditemui oleh TK yang didampingi oleh politisi PDI-P Effendy Simbolon.

Mengenai tawaran-tawaran koalisi, anggota Komisi III DPR ini mengatakan, kabar hanya terdengar dari orang-orang terdekat Mega yang diajak berkomunikasi oleh utusan-utusan SBY. "Jadi sejauh ini belum ada yang langsung ke ibu, hanya melalui orang-orang sekitarnya," tandas Eva.


Hatta ke Rumah Mega, Dicuekin

Rabu, 2 Maret 2011 | 19:03 WIB

Ketua Umum PAN Hatta Rajasa mendadak datang ke kediaman Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar, Jakarta, Selasa (1/3/2011) kemarin.

Menurut politisi senior PDI-P Eva Sundari, Hatta datang pada malam hari. Namun, Mega tidak menyambutnya karena tengah makan malam bersama putrinya Puan Maharani dan Sekjen PDI-P Tjahjo Kumolo.

"Jadi waktu itu lagi makan malam, Ibu Mega, Mbak Puan, sama Mas Tjahjo. Jadi waktu Pak Hatta ke sana ketemunya sama Bang TK ya," katanya di Gedung DPR RI, Rabu (2/3/2011).

Menurut Anggota Komisi III DPR RI ini, Hatta ditemui oleh suami Megawati, Taufiq Kiemas, yang didampingi oleh politisi PDI-P, Effendy Simbolon. Mega yang kala itu juga berada di rumah terkesan cuek dengan kedatangan Menko Perekonomian itu. "Ibu Mega keluar langsung, jadi ndak ketemu," katanya.

Eva sendiri mengaku tidak tahu apa yang dibicarakan antara Hatta dan TK. Namun, jika seandainya kemudian PDI-P ditawari masuk koalisi bersama Demokrat, Eva mengatakan tetap berpegang pada ketegasan sikap Mega sebagai Ketua Umum dalam rapat konsolidasi internal partai yang terakhir pekan lalu.

"Aku ikut omongannya Ibu Mega saja ya waktu pada saat konsolidasi terakhir di DPP pada hari Minggu lalu pada tanggal 24 Februari, kita terikat kongres. Itu yang akan tetap dipegang oleh kita bahwa kongres tetap minta kita untuk oposisi, ya oposisi," tandasnya.

Eva juga mengaku tidak tahu siapa yang mengutus Hatta untuk datang menemui Mega. Namun, menurut catatan sebelumnya, Hatta sebagai ketua umum salah satu partai koalisi Demokrat pernah diutus oleh SBY menjelang Pemilu 2009 lalu.

Kala itu, Hatta mengaku diminta SBY untuk menjembatani komunikasi politik dan peluang untuk berkoalisi menjelang pemilihan akbar. Kali ini, Hatta kembali diutus, tetapi tampaknya belum beruntung.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar