Laman

Selasa, 19 Oktober 2010

RIBUAN PENGANTAR IRINGI KEBERANGKATAN JAMAAH KE TANAH SUCI

JAMBI EKSPRES:

Merangin
Ribuan Warga Iringi Keberangkatan JCH
Ribuan orang berada di sekitar stadion KONI Bumi Masurai, Bangko. Sebagian berada di dalam stadion, sebagian lagi berada di luar. Mereka adalah para keluarga, kerabat, dan tetangga yang mengiringi keberangkatan jemaah calon haji (JCH) menuju Padang, Kamis (14/10).

Sebanyak 469 JCH asal Merangin berada di atas tribun stadion, sementara para pengantar berada di bawah. Selain itu, banyak juga yang berada di dekat bus yang akan dinaiki para jemaah.

Para pengantar juga terlihat meringsek naik ke atas tribun untuk bersalam-salaman. Kondisi ini membuat petugas satpol PP yang berjaga kewalahan. Seorang petugas harus berulang kali meminta kepada para pengantar untuk segera turun dari tribun, karena prosesi pelepasan akan dimulai.

Sekitar pukul 09.00 WIB, Bupati Merangin Nalim beserta rombongan tiba di lokasi. Dalam rombongan ini terlihat Wakil Bupati Hasan Basri Harun (HBH), Ketua DPRD Merangin Zainul Arfan, Wakapolres Kompol S Priasmoro, Kepala Kementerian Agama Umar Yusuf, dan beberapa anggota dewan.

Sebelum Nalim memberikan sambutan dan melepas JCH secara resmi, sekretaris PPIH (Panitia Pelakasana Ibadah Haji) Abdul Aziz melaporkan jumlah jemaah haji dari masing-masing kecamatan, jemaah pria dan wanita, jemaah tertua dan termuda.

Saat akan dimulai acara, kepada Tribun Aziz menyatakan, semua jemaah diberangkatkan ke Padang. "Memang jemaah kita ada dua kloter, yaitu kloter 3 dan 4. Kloter 3 berangkat ke tanah suci tanggal 16 Oktober, dan kloter 4 berangkat 18 Oktober. Saat pelepasan ini, semua jemaah diberangkatkan, dan menginap di asrama haji Padang. Kalau tidak bersamaan nanti repot, jadi lebih baik menunggu di asrama," tuturnya.

Selanjutnya, sambutan dari Kakan Kemenag Umar Yusuf. Pada intinya menyatakan, ibadah haji merupakan panggilan. Meskipun seseorang sudah berkecukupan, jika tidak dipanggil hatinya untuk berangkat, maka belum bisa pergi untuk berhaji.

"Manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin untuk berdoa dan memohon ampun di tanah suci, karena di sana banyak tempat-tempat yang dikabulkan Allah jika berdoa," ungkap Umar.

Prosesi terakhir, giliran bupati yang memberikan sambutan dan sekaligus melepas keberangkatan JCH secara resmi menuju embarkasi Padang.

Nalim mengatakan, dalam menunaikan ibadah haji harus ikhlas sepenuh hati, dan juga dengan hati yang bersih.

Nalim juga memaparkan beberapa rukun haji yang akan dilakukan setelah tiba di tanah suci. "Selamat jalan dan selamat menunaikan ibadah haji dan sepulangnya dari tanah suci nanti bisa menjadi haji yang mabrur. Saya juga meminta kepada para jemaah untuk turut mendoakan Kabupaten Merangin ini agar lebih maju lagi," pintanya.

Setelah itu, para jemaah pun bersalam-salaman kepada para pejabat Merangin, dan kemudian menuju ke bus masing-masing. Ada 11 bus yang disiapkan untuk JCH.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar