Laman

Selasa, 19 Oktober 2010

MERANGIN SERAP ANGGARAN TERBESAR

JAMBI EKSPRES:

Merangin
Merangin Terbesar Serap Anggaran Samisake
Merangin merupakan kabupaten terbesar menyerap alokasi dana Provinsi Jambi dalam program Gebernur Hasan Basri Agus (HBA) mengentaskan kemiskinan melalui program "Satu Milyar Satu Kecamatan (Samisake)".
"Dari 11 kabupten/kota di Provinsi Jambi, kita (Merangin) adalah kabupaten yang menyerap paling besar alokasi dana program Samisake Pemprov," kata Kepala Dinas Sosial Tenanga Kerja dan Transmigrasi (Sosnakertrans) Sardaini di Bangko, Senin (18/10).
Hal tersebut, kata Sardaini, dikarenakan memang Merangin adalah Kabupaten yang memiliki paling banyak Kecamatan diantara kabupaten/kota lainnya di provinsi Jambi, yakni 24 Kecamatan.
Dari jumlah tersebut Merangin mendapatkan asupan dana Samisake sebesar Rp24 Milyar. Salah satunya untuk menopang program yang akan menyentuh langsung masyarakat miskin, yang merupakan tugas dan tanggung jawab Sosnakertrans.
"Hal ini dikarenakan program tersebut memang ditujukan kepada masyarakat di pedesaan yang ada di setiap kecamatan sebagaiamana yang diinstruksikan gubernur," ujar Sardaini.
Untuk menjamin tepat sasaran anggaran itu, pihaknya telah meminta setiap camat segera mendata dan membuat laporan tentang kebutuhan prioritas bagi penyaluran program Samisake tersebut.
"Kita telah menerima laporan Camat terkait program ini. Umumnya kebutuhan semua kecamatan yang sudah masuk itu adalah membantu bedah rumah rumah yang sudah tidak layak huni (RTLH). Ini yang paling banyak," terang Sardaini.
Menurut dia, 17 dari 24 Kecamatan sudah diterima laporan tentang program bedah rumah warga yang RTLH. Program bedah rumah adalah program Pemkab dalam mewujudkan "Merangin Makmur 2013", yang semakin gencar dengan adanya Samisake.
Sardaini mengaku, untuk tahap awal tidak semua alokasi dana sebesar Rp24 milyar tersebut bisa dicairkan sekaligus dan dilakukan sesuai Kepres dana itu hanya bisa dicairkan 50 persen.
"Yang jelas Merangin menyambut baik program Gubernur HBA karena dengan program ini upaya pengentasan kemiskinan dan perbaikan kualitas hidup masyarakat menjadi sangat terbantu," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar