Laman

Selasa, 19 Oktober 2010

PEMONDOKAN MEKKAH SUDAH MASUK TAHAP FINALISASI

JAMBI EKSPRES:

Nasional
Senin, 18 Oktober 2010 | 19:06 WIB
Pemondokan Makkah Masuk Tahap Finalisasi
tribunnews.com/hendra gunawan
Rombongan jamaah haji Indonesia sesaat sebelum naik ke pesawat yang akan mengantar mereka menuju Jeddah, Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji.

Pemondokan di Makkah mulai memasuki tahap finalisasi. Hingga kemarin, semua kunci pemondokan sudah diterima petugas dari pemilik rumah.


Wakil Kepala Daerah Kerja (Daker) Bidang Perumahan Ahmad Jauhari mengatakan, hingga saat ini, para petugas masih terus melakukan pembersihan rumah dan penyelesaian kekurangan-kekurangan fasilitas pemondokan.

"Semua kunci kamar sudah diserahkan para pemilik rumah. Sekarang sedang berlangsung tahap pembersihan," ungkap Jauhari di Kantor Daker Mekkah.

Sebelumnya, Panitia Penyelenggara Haji Indonesia (PPHI) Makkah menargetkan penyerahan kunci pemondokan di Makkah dari pemilik rumah pada Minggu (17/10/2010).Jauhari mengatakan,pada prinsipnya, empat hari sebelum jamaah datang, kunci pemondokan sudah di tangan petugas.

Kemudian, sehari sebelum jamaah datang, petugas sudah membuka kamar untuk membersihkan ruangan tersebut. "Dua jam sebelum jamaah datang, pendingin ruangan (AC) akan dinyalakan. Sehari sebelumnya, kami juga mengecek kondisi airnya seperti apa,"ujarnya.

Jauhari menjelaskan, untuk di wilayah ring I dengan radius 2.000 meter dari Masjidil Haram, pemerintah menyewa 210 rumah yang memiliki 125.845 kamar atau sebanyak 63% dari total jamaah.

Adapun di ring II dengan radius 4.000 meter, rumah yang disewa mencapai 164 unit dengan 75.010 kamar atau 37% jamaah.

Menurut Jauhari, selama tinggal di pemondokan Makkah, jamaah akan menempati kamar masing-masing orang per kamar.

Berdasarkan pantauan MCH, hingga kemarin setidaknya para petugas masih terus memastikan ketersediaan fasilitas yang layak di setiap rumah.
Misalnya, di Sektor VIII untuk wilayah Bakhutmah, tampak masih ada rumah-rumah yang sedang dilakukan pembersihan oleh petugas. Para petugas juga ada yang sedang memasang seprei kasur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar