Laman

Selasa, 19 Oktober 2010

KERINCI KEMBALI AKAN PATENKAN TARI DAN KEBUDAYAAN ASLI DAERAH

JAMBI EKSPRES:

Kerinci
Kebudayaan
Kerinci Akan Patenkan Puluhan Tari Daerah
Pemerintah Kabupaten Kerinci secara bertahap akan mematenkan puluhan tari daerah supaya tidak dicaplok atau diklaim milik daerah dan negara lain.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kerinci, Arlis Harun di Jambi, Jumat (15/10) mengatakan, secara bertahap pihaknya akan mematenkan puluhan tari daerah lewat Kementrian Hukum dan HAM.

"Rencana mematenkan puluhan tari daerah itu sudah disampaikan oleh bupati setempat pada Menteri Hukum dan HAM saat berkunjung ke Jambi pekan lalu," katanya.

Puluhan tari dan kesenian daerah yang akan dipatenkan itu antara lain Tari Sike, Rangguk, Ayun Luci, Niti Mahligai, Turun Mandi, Tauh, Asik, Iyo-iyo dan lainnnya.

Ia menyebutkan, Kabupaten Kerinci yang terletak di wilayah paling barat Provinsi Jambi, selain dikenal dengan kondisi alam yang indah, juga kaya dengan ragam budaya dan kesenian.

Panorama alam yang indah, karena terletak di kaki Gunung Kerinci, merupakan gunung aktif tertinggi di Sumatera, juga dikitari Bukit Barisan dan Taman Nasional Kerinci Seblat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar