Laman

Senin, 24 Januari 2011

BERITA LENGKAP KESEHATAN : SAYURAN SEGAR DAN BEKU SAMA BAIK NYA

JAMBI EKSPRES:

img


img
7 Hal yang Paling Sering Dikhawatirkan Orang

Jakarta, Beberapa kabar yang beredar di masyarakat kadang menimbulkan kekhawatiran karena diduga bisa merusak kesehatan. Tapi ada beberapa hal yang sebaiknya tak perlu dikhawatirkan lagi.

Seperti dikutip dari Health, Kamis (20/1/2011) ada beberapa mitos yang terbukti tidak benar sehingga tidak perlu dikhawatirkan lagi oleh masyarakat yaitu:

Minum 8 gelas air setiap hari
Pada tahun 1945 dewan makanan dan gizi Amerika Serikat mengungkapkan seseorang harus mengonsumsi 8 gelas air setiap hari, karenanya seseorang mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas sehari di luar makanan dan minuman lainnya.

Air memang bagus untuk tubuh, tapi hal yang benar adalah cairan dari jus, buah, teh atau susu juga bisa mencegah dehidrasi, jadi cairan ini juga perlu diperhatikan.

Makanan segar selalu lebih baik daripada beku
Makanan beku bisa sama baiknya dengan makanan segar, karena buah-buahan dan sayuran umumnya dipanen saat kandungan gizinya berada di puncak lalu dibekukan agar nutrisinya tidak hilang. Zat nutrisi bisa hilang jika terkena panas, tidak mendapat asupan air dan terlihat layu.

Telur bisa meningkatkan kolesterol
Studi baru menemukan bahwa lemak jenuh dan lemak trans dalam makanan lainnya lebih memungkinkan untuk meningkatkan risiko penyakit jantung.

Dalam satu telur kolesterol yang terkandung adalah 213 miligram, sedangkan anjurannya adalah tidak boleh lebih dari 300 miligram. Untuk itu jangan takut mengonsumsi telur karena mengandung protein, vitamin A dan D.

Udara dingin bisa menyebabkan pilek
Udara dingin tidak akan merusak kekebalan tubuh seseorang kecuali ia mengalami hipotermia. Hal yang membuat seseorang terkena flu saat musim dingin adalah pada kondisi ini orang lebih sering berada di dalam rumah sehingga virus cenderung terkurung di ruang tertutup dan mudah menular.

Membaca di tempat redup merusak mata
Hal yang benar adalah membaca di tempat redup bisa membuat mata menjadi tegang, sehingga orang akan menyipitkan mata dan memicu sakit kepala. Umumnya tidak menimbulkan kerusakan permanen. Tapi kondisi ini akan membuat mata kering, sakit dan mengganggu penglihatan.

Kopi benar-benar buruk untuk kesehatan
Kopi berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan yaitu bisa menyebabkan adiksi, menimbulkan rasa takut, jantung berdebar lebih kencang dan tidak teratur.

Tapi jika dikonsumsi secara normal, kopi baik untuk tubuh seperti memberikan antioksidan dan juga membuat orang lebih fokus.

Lipstik bisa membuat sakit
Beberapa lipstik diketahui mengandung timbal, tapi risiko seseorang sakit akibat timbal yang terkandung di dalam lipstik sangat kecil. Bahkan keracunan timbal yang paling sering justru diakibatkan oleh faktor lingkungan lain seperti cat dari rumah tua.


img
Nyeri dan Pegal Leher Itu Pertanda Apa?

Jakarta, Bantal yang terlalu tinggi sering jadi kambing hitam saat terbangun dengan leher terasa nyeri dan pegal. Padahal ada banyak penyebab nyeri dan pegal leher, mulai dari cedera bahu hingga sebab lain yang lebih serius misalnya gejala serangan jantung.

Berbagai penyebab nyeri dan pegal di leher seperti dikutip dari Emedicinehealth, Jumat (21/1/2011):

1. Kolesterol Tinggi
Rasa sakit atau pegal di tengkuk kepala bagian belakang adalah salah satu ciri kolesterol tinggi. Pegal ini juga sampai ke pundak, kaki bengkak dan mudah capai dan ngantuk.

2. Cedera tulang selangka (tulang yang menghubungkan bahu dengan lengan atas)
Jatuh dengan lengan terbuka bisa memicu retak atau patah pada tulang selangka. Cedera yang memicu nyeri di leher ini sering dialami pengendara sepeda saat jatuh dalam posisi memegang kemudi.

3. Serangan jantung
Salah satu gejala yang menyertai atau kadang mengawali serangan jantung adalah nyeri leher. Diduga jantung, leher dan bahu punya saraf-saraf yang saling terhubung melalui jaringan saraf di tulang belakang.

4. Gangguan kandung kemih
Teknik akupunktur mengenal titik-titik meridian yang memiliki saraf penghubung dengan organ atau sistem organ yang bermasalah, salah satunya adalah kandung kemih yang terhubung dengan salah titik di leher dan bahu kanan. Nyeri yang terjadi pada leher kanan bisa dicurigai sebagai pertanda adanya masalah di kandung kemih.

5. Cedera rotator cuff
Rotator cuff merupakan sekumpulan otot yang menggerakkan bahu dan terhubung dengan otot leher. Bagian ini akan terasa nyeri jika mengalami cedera saat mengangkat atau melempar sesuatu yang berat, atau melakukan banyak gerakan yang sama secara berulang-ulang.

6. Cedera lecutan (wiplash injury)
Nyeri leher sering dialami para pengendara mobil saat melakukan pengereman mendadak. Perubahan kecepatan secara tiba-tiba menyebabkan kepala terlempar ke arah depan dan menyebabkan otot leher dan persendian di dalamnya bergerak dengan kecepatan yang tidak wajar.


Ciri-ciri Kena Turun Berok

Jakarta, Turun berok atau dalam istilah medis disebut dengan hernia merupakan kondisi yang tak boleh disepelekan karena bisa menyebabkan matinya usus. Untuk itu ketahui apa saja ciri-ciri dari turun berok.

Turun berok adalah kondisi keluarnya organ usus dari tempat yang seharusnya. Penjelasan sederhananya adalah usus melorot lewat lubang locus minoris. Jika ada tekanan besar maka usus bisa keluar melalui lubang tersebut. Bila terus dibiarkan bisa menimbulkan bahaya karena usus yang melorot ini akan terperangkap atau terjepit hingga mati dan memberikan masalah yang besar.

Pada turun berok yang ringan, usus yang turun bisa masuk lagi ke perut jika dalam posisi tidur. Tapi kalau sudah parah, usus tidak akan bisa masuk lagi ke perut. Sedangkan kalau usus sudah terjepit, maka usus tidak mendapat suplai darah yang akhirnya mati dan membusuk.

Tak hanya laki-laki yang suka mengangkat beban berat saja yang bisa terkena turun berok, perempuan dan anak-anak pun bisa mengalaminya. Sedangkan turun berok yang banyak dialami oleh olahragawan terutama pesepakbola disebut dengan sport hernia.

Seperti dikutip dari eMedicinehealth.com, Kamis (20/1/2011) turun berok akan menimbulkan tonjolan pada dinding perut. Tonjolan akan semakin terlihat ketika otot-otot tersebut mengalami pengetatan sehingga meningkatkan tekanan dalam perut.

Setiap kegiatan yang meningkatkan tekanan di dalam perut bisa memperburuk kondisi hernia. Ciri-ciri yang timbul dari hernia ini bermacam-macam tergantung dari kondisinya, berikut ini ciri-cirinya:

1. Timbul nyeri di daerah perut bagian bawah
2. Rasa sakit atau nyeri ini akan sangat terasa ketika ada tekanan di dalam perut seperti saat batuk, mengejan atau mengangkat beban yang berat
3. Muncul benjolan di daerah selangkangan atau daerah perut, benjolan ini akan meningkat ukurannya ketika berdiri atau tekanan perut meningkat
4. Pada beberapa kasus timbul tonjolan tanpa disertai dengan rasa sakit yang jika terus dibiarkan bisa membuat hernia masuk ke dalam skrotum
5. Terkadang muncul rasa sakit yang disertai dengan demam
6. Jika usus sudah terjebak atau terjepit dalam jangka waktu lama bisa mengalami kerusakan yang ditandai dengan mual dan muntah
7. Timbul nyeri yang selalu hadir diikuti dengan gejala gangguan pencernaan


Jika tonjolan turun beroknya masih kecil maka ada kemungkinan bisa pulih sendiri, usahakan untuk tidak terlalu banyak melakukan kegiatan yang membuat tubuh mengedan misalnya mengangkat beban terlalu berat.

Namun jika hernia semakin membesar sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter apakah perlu dilakukan operasi atau tidak untuk mencegah matinya usus. Operasi yang dilakukan akan membantu mengembalikan usus ke posisi yang sebenarnya


Tipe-tipe Orang Penguras Energi

Jakarta, Setiap harinya seseorang pasti akan mengeluarkan energi dari dalam tubuh. Tapi ada beberapa tipe orang yang cenderung menguras tenaga dan energi orang lain atau disebut dengan emotional vampire.

Salah satu hal yang bisa menguras energi paling besar adalah hubungan dengan orang lain baik teman atau pasangan. Beberapa hubungan memang bisa positif dan meningkatkan suasana hati (mood). Tapi hubungan lainnya bisa menghisap optimisme dan ketenangan yang dimiliki seseorang, orang ini disebut dengan emotional vampire.

Tipe-tipe orang ini umumnya akan menguras energi fisik, pemikiran dan rasa percaya diri orang lain. Seperti dikutip dari Huffington Post, Kamis (20/1/2011) ada beberapa tipe orang yang termasuk emotional vampire yaitu:

1. Tipe Orang narsis
Moto yang dimiliki orang ini adalah harus menjadi yang pertama dan selalu mengenai dirinya. Tipe orang ini sangat haus akan kekaguman, perhatian dan memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Namun orang narsis umumnya tidak memiliki atau hanya sedikit rasa empati serta membutuhkan imbalan atas hal yang dilakukannya.

Karenanya seseorang harus bisa menjaga harapan realitasnya dan jangan pernah membuat harga diri serta perasaan bergantung dengan orang ini.

2. Tipe orang yang rendah diri
Tipe orang seperti ini lebih sering disebut sebagai 'korban' karena selalu memiliki alasan untuk rasa tidak bahagianya. Bila seseorang menawarkan solusi untuk masalahnya ia akan selalu berkata 'Ya, tapi...' sehingga selalu merasa dirinya tidak sanggup melakukan apapun.

Untuk melindungi diri dari orang seperti ini tetapkanlah batas yang adil dan tegas. Jika tipe orang ini mengeluarkan masalahnya maka berilah ia pengertian untuk mau mendengarkan dan membahas solusi yang diberikan.

3. Tipe orang pengendali
Orang-orang ini biasanya obsesif dengan mencoba mengendalikan orang lain dan menentukan bagaimana seseorang harus melakukan atau merasakan sesuatu. Tipe orang ini memiliki pendapat sendiri dan akan mempengaruhi orang lain yang memiliki pemikiran tak sejalan dengannya, umumnya ia akan mendominasi. Untuk melindungi diri dari orang ini buatlah pendirian yang tegas mengenai apa yang diyakini, serta percaya dengan diri sendiri.

4. Tipe orang yang selalu berbicara
Orang-orang ini umumnya tidak tertarik dengan perasaan orang lain dan hanya peduli dengan dirinya sendiri. Orang ini bergerak begitu dekat tapi umumnya tidak memberikan seseorang kesempatan untuk membuka pembicaraan dan tidak menanggapi isyarat non verbal.

Jika seseorang ingin bicara dengan orang ini sebaiknya langsung menginterupsi dan berbicara agar diberikan waktu bicara beberapa menit.

5. Tipe drama queen
Orang-orang ini memiliki bakat untuk membesar-besarkan insiden kecil dan selalu ingin menjadi pusat perhatian. Untuk mengatasi orang seperti ini usahakan tetap tenang dan ambil napas agar tidak terjebak dalam dramanya.


Kesalahan Kecil yang Bisa Menyebarkan Kuman


Jakarta, Berbagai cara dilakukan orang untuk menghindari penyebaran kuman dan menjaga tubuh tetap sehat. Tapi sebenarnya ada 4 kesalahan kecil yang dilakukan setiap hari dan bisa memicu penyebaran kuman.

Seseorang beranggapan dengan sering mencuci tangan, menutup hidung saat bersin dan batuk atau selalu menggunakan masker sudah cukup melindungi dan menghindarinya dari kuman. Padahal ada 4 kesalahan kecil yang tanpa sadar dilakukan setiap hari dan membuat seseorang rentan terhadap bakteri atau virus.

Seperti dikutip dari AOLHealth, Selasa (18/1/2011) ini dia 4 kesalahan kecil yang tetap dilakukan setiap hari yaitu:

1. Tidak mencuci kulit buah terlebih dahulu
Sebagian besar orang hanya mencuci buah yang kulitnya bisa dimakan, tapi untuk buah yang dikupas seperti pisang atau jeruk biasanya tidak dicuci. Kondisi ini membuat seseorang berpotensi memegang bakteri yang ada di kulit buah dan memasukkannya ke mulut. Untuk itu sebaiknya mencuci semua buah yang akan dikonsumsi.

2. Meletakkan sepatu di dalam rumah
Menyimpan atau meletakkan sepatu di dalam rumah menjadi masalah yang kontroversial. Beberapa orang tetap ingin mempertahankan sepatunya di dalam rumah, tapi sejumlah penelitian menunjukkan apa yang dibawa oleh sepatu dari jalan atau trotoar bisa membuat seseorang sakit. Sebagian ahli kesehatan menyarankan untuk membuka sepatu di luar pintu dan tidak menyimpannya di dalam rumah.

3. Kebiasaan menyentuh wajah
Semua orang pasti melakukannya seperti menggaruk pipi atau menggosok hidung, padahal setiap kali menyentuh wajah (terutama hidung, mulut dan mata) seseorang memberikan kuman tumpangan gratis ke dalam tubuh. Sebaiknya kurangi menyentuh wajah dan menghindari menggosok-gosok mata untuk mengurangi paparan, tapi jangan terlalu kompulsif.

4. Meletakkan gelas di kamar mandi
Beberapa orang meletakkan gelas di kamar mandi seperti di dekat wastafel untuk membantunya menggosok atau meletakkan sikat gigi. Tapi sayangnya banyak yang tidak memperhatikan kebersihan gelas seperti jarang mencucinya, padahal gelas ini bisa menjadi faktor penyebaran penyakit. Untuk itu cucilah gelas dengan sabun dan air hangat untuk membersihkannya.


BELANJA GILA
Jakarta, Berbelanja adalah kegiatan yang menyenangkan dan bisa menghilangkan stres terutama bagi kaum perempuan. Tapi saat orang berbelanja ternyata ada perang di otak.

Peneliti menemukan adanya tarikan perang saraf di otak ketika seseorang berbelanja. Belanja merupakan suatu kegiatan yang melibatkan interaksi berbagai faktor mulai dari genetik sampai tata letak dari suatu mal. Faktor-faktor ini mempengaruhi dorongan seseorang untuk membeli sesuatu.

Penelitian yang dipimpin oleh ahli saraf Profesor Brian Knutson dari California menuturkan adanya tarikan perang saraf di otak ketika seseorang berbelanja. Hasil penelitiannya dilaporkan dalam jurnal Neuron.

Hal yang terjadi di otak dan memainkan peran sentral ketika berbelanja adalah meningkatnya produksi neurotransmitter dopamin, yaitu respon menyenangkan yang berhubungan dengan makanan dan seks.

Tapi saat seseorang memikirkan harga dari barang tersebut otak akan mengaktifkan insula, yaitu suatu bagian dari korteks otak besar yang memainkan peran untuk merenungkan kerugian (untung ruginya).

"Ketika seseorang memutuskan untuk membeli sesuatu, maka ia akan membuat keputusan emosional dan rasional. Seseorang memiliki keinginan untuk percaya bahwa ia membuat keputusan yang rasional, walaupun kenyataanya tidak. Hal ini yang menyebabkan terjadinya perang saraf di otak," ujar psikolog Adam Ferrier, seperti dikutip dari ABC.net.au, Kamis (13/1/2011).

Berdasarkan laporan dalam Journal of Consumer Research apapun barang yang dipilih oleh seseorang baik saat membeli cokelat atau mobil sekalipun semuanya dipengaruhi oleh faktor genetik.

Selain itu jenis kelamin juga memberikan perbedaan dalam berbelanja. Perempuan memiliki afinitas pemikiran yang besar saat berbelanja, karenanya ia akan berjalan santai di setiap toko, memeriksa barang, membandingkan produk dan nilainya, berinteraksi dengan staf penjual, mengajukan pertanyaan, mencobanya hingga akhirnya melakukan pembelian.

Sedangkan pada laki-laki memiliki pemikiran yang berbeda, umumnya ia sudah tahu apa yang diinginkannya sehingga langsung mencari barang tersebut serta memiliki sedikit kesabaran untuk browsing.

Namun seseorang sebaiknya tidak belanja terlalu berlebihan, meskipun belanja bisa membakar kalori yang cukup besar tapi gila belanja termasuk kategori gangguan mental.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar