Laman

Sabtu, 11 September 2010

Independensi Kompolnas Kapolri: Ini "PR" Kapolri Baru

Kepala Polri Jenderal (Pol) Bambang Hendarso Danuri, mengatakan, Polri mendukung rencana penguatan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) seperti yang diungkapkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Namun, kata Kapolri, penguatan itu menjadi tanggung jawab penggantinya nanti.

Kapolri seusai melaksanakan shalat Id di Mabes Polri, Jumat (10/9/2010), mengatakan, kemandirian Kompolnas diperlukan agar fungsi pengawasan kinerja Polri berjalan lebih optimal. "Nanti PR (pekerjaan rumah) Kapolri baru," kata dia.

Seperti diberitakan, Bambang akan memasuki masa pensiun pada Oktober 2010. Presiden telah menerima tiga calon pengganti Bambang dari pihak Kompolnas. Kapolri sendiri akan menyerahkan dua calon kepada Presiden setelah Idul Fitri 1431 H.

Jadi, Anda setuju Kompolnas dipisahkan dari Polri? "Iya, nanti arahnya ke sana. Anggaran nanti berdiri sendiri tidak seperti sekarang (masih dari Polri) sehingga kemandirian Kompolnas sebagai pengawas dan mitra polri ke depan akan lebih optimal," jawab Kapolri.

Seperti diberitakan, kerja Kompolnas kerap terjanggal peraturan. Seperti terkait proses pencalonan Kapolri yang menjadi salah satu fungsi Kompolnas, yakni memberikan rekomendasi kepada Presiden. Namun, kali ini Kapolri dan Kompolnas sama-sama menyerahkan calon Kapolri ke Presiden.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar