Laman

Jumat, 04 Maret 2011

SINGAPURA SENANG: 6.300 TURIS INDONESIA DATANG SETIAP HARI


JAMBI EKSPRES:

Singapura Senang, Sehari Ada 6.300 Turis Indonesia Kunjungi Singapura
Jumat, 04 Maret 2011, 01:49 WIB

MEDAN-- Pemerintah Singapura berkeyakinan pada 2011 Indonesia masih menjadi pemasok wisatawan terbesar ke negeri itu, setelah pada 2010 jumlah wisatawan yang datang mencapai 2,3 juta orang. "Tahun ini jumlah wisatawan Indonesia diperkirakan meningkat lagi, setelah tahun lalu sebanyak 2,3 juta orang, dan total kedatangan turis ke Singapura pada 2010 sebanyak 11,6 juta orang," kata Regional Director ASEAN and Ocenia, Singapura Tourism Board, Chooi Yee Chong, di Medan, Kamis malam.

Ia menyatakan hal itu menjawab pertanyaan wartawan usai perayaan YourSingapura Brand, Brand Destinasi Singapura dan Kontes Get Hooked Race to YourSingapura, yang antara lain menampilkan artis Fadil Nuril yang bersepeda bersama puluhan warga Medan lainnya.

Chooi mengatakan sebagian besar wisatawan datang ke Singapura untuk berbelanja, dan lama tinggal mereka rata-rata 3,5 hingga 4,5 hari. Setelah Indonesia, pendatang terbesar lainnya adalah China sebanyak 1,171 juta orang, Australia 1,037 juta orang, Malaysia 880,000 orang dan India 829.000 orang.

Indonesia dan empat negara itu menyumbang 53 persen dari total kedatangan wisatawan ke Singapura pada 2010. "Indonesia sendiri pada tahun lalu memberikan kontribusi 32 persen, dan tahun ini diperkirakan meningkat lagi, karena Singapura memberikan janji pelayanan yang lebih baik," katanya.

Apalagi, kata dia, dengan program situs YourSingapura, wisatawan bisa semakin mengetahui segala sesuatu kegiatan di negeri itu, sehingga bisa menyesuaikan dengan rencana liburannya. Pemerintah dan industri pariwisata di Singapura sendiri, menurut dia terus berbenah diri untuk menjadikan negeri itu tetap sebagai tujuan utama berwisata para wisatawan dari berbagai penjuru dunia khususnya Indonesia dan Malaysia yang jarak tempuhnya sangat dekat.

Ia mengatakan pemerintah dan pelaku industri pariwisata Singapura sangat merasakan keuntungan dengan meningkatnya jumlah wisatawan yang datang setiap tahun. Pada 2010, kata dia, Singapura memperoleh pendapatan dari sektor pariwisata 18,8 miliar dolar Singapura.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar