Laman

Rabu, 15 Desember 2010

Kuba Luncurkan Jejaring Ensiklopedia Mirip Wikipedia

JAMBI EKSPRES:
Havana
Kuba mulai membuat ensiklopedia daring (dalam jaringan), menyerupai Wikipedia, dengan tujuan mempresentasikan pandangannya mengenai dunia dan sejarah.

Mereka mendeskripsikan lawan ideologi lamanya, Amerika Serikat, sebagai "kekaisaran masa kini" dan "negara paling berkuasa sepanjang masa."

EcuRed (www.ecured.cu) secara resmi diluncurkan pada Selasa, tetapi sudah beroperasi pada Senin, dengan 19.345 artikel.

Laman tersebut dikembangkan "untuk menciptakan dan menyebarluarkan segala jenis pengetahuan dan untuk semua orang, dari Kuba dan bersama dunia," kata jejaring tersebut.

Para pengguna akan diperbolehkan memberi masukan artikel terkini yang harus terlebih dahulu mendapatkan persetujuan dari administrator EcuRed.

"Filosofi jejaring ini ialah mengakumulasi dan mengembangkan ilmu pengetahuan, secara demokratisasi, bukan mengambil keuntungan, keberatan dari sudut pandang dekolonisasi," kata laman tersebut.

AS, negara asal terciptanya Wikipedia, dan Kuba memiliki perselisihan sejak revolusi yang membawa Fidel Castro ke puncak kepemimpinan pada 1959.

Artikel EcuRed mengenai Amerika Serikat menyebutkan mereka secara historis mengambil wilayah dan sumber daya alam dari negara lain secara paksa, menempatkan jasa pada banyak bisnis dan monopoli.

"Mereka mengkonsumsi 25 persen energi yang diproduksi di dunia dan meski dengan kekayaannya, lebih dari sepertiga populasinya tidak mendapatkan perhatian kesehatan yang pasti," jelasnya.

Mengenai hubungan AS-Kuba, jejaring tersebut dari awal mengatakan, para pemimpin AS melihat Kuba "seperti mereka yang mengagumi buah indah yang akan jatuh di tangan mereka."

EcuRed berisi biografi menyeluruh mengenai pemimpin Kuba Fidel Castro, termasuk peran Fidel setelah penyakit yang diderita menyebabkan pemindahan kekuasaan ke adiknya Raul Castro pada 2006.

"Hari ini ia menulis dan berpartisipasi dalam perjuangan ide di tingkat global. Untuk kewenangan moral, ia mempengaruhi keputusan penting dan strategis dalam revolusi," menurut jejaring tersebut.

Ada juga artikel mengenai Raul Castro, yang secara resmi menggantikan kakaknya sebagai presiden pada 2008 dan menggambarkan dirinya sebagai "pejuang revolusioner, pemimpin politik, negarawan dan komandan militer."

"Ia telah mengkontribusikan dukungan yang relevan terhadap perjuangan rakyat Kuba dalam mempertahankan kedaulatan dan kemerdekaannya," tulis artikel tersebut.

EcuRed belum menyinggung reformasi ekonomi yang telah diumumkan pada tahun ini oleh Presiden Castro untuk memperbarui bentuk sosialis Kuba dan merupakan topik perdebatan nasional saat ini.

Menurut survei pemerintah yang dilakukan tahun ini, sekitar 1,6 juta orang dari 11,2 juta jumlah populasi warga Kuba, baru memiliki akses Internet.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar