Laman

Minggu, 26 September 2010

KORBAN GEMPA BAKAL MENERIMA BANTUAN DALAM WAKTU DEKAT

JAMBI EKSPRES:
Korban gempa bumi di Kecamatan Gunung Raya dan Batang Merangin, nampaknya bisa bernafas lega. Pasalnya, dalam waktu dekat Pemkab Kerinci akan menyerahkan bantuan perbaikan rumah, bagi warga yang rumahnya mengalami kerusakan akibat bencana alam gempa bumi.
Data yang diterima Tribun dari Pemkab Kerinci, terdapat 2.031 rumah warga di dua kecamatan dinyatakan berhak mendapatkan bantuan. Di antaranya 62 unit rumah dinyatakan rusak berat, 483 unit rumah rusak sedang, dan 1.486 unit rumah rusak ringan.
Bantuan yang diberikan kepada korban gempa bumi di Kecamatan Gunung Raya dan Batang Merangin bervariasi, sesuai dengan tingkat kerusakan. Seperti warga yang rumahnya rusak berat akan menerima bantuan sebesar Rp 15 Juta, rusak sedang Rp 10 Juta, dan rusak ringan dibantu dengan dana daerah sebesar Rp 1 juta.
Dana bantuan bagi korban gempa bumi itu Rp 104 miliar dari pusat, dan Rp 2,5 miliar dari sumbangan pihak ketiga,” ujar Sekda Kerinci, Drs Dasra MTP, melalui Kabag Humas dan Protokol Setda Kerinci, Drs Amri Swarta MM.
Dikatakan Amrisuarta, dana bantuan tersebut akan segera diserahkan kepada korban, setelah dana bantuan dari pusat masuk ke rekening pemerintah daerah. Kalau dananya sudah masuk, langsung diserahkan kepada korban,” katanya.
Meski demikian tambah mantan Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Kerinci ini, penyerahan bantuan tersebut ada mekanismenya. Yakni, untuk bantuan rumah masyarakat disalurkan ke rekening kelompok, dan kelompok tersebut terdiri dari 20 anggota.
Sedangkan untuk bantuan masjid dan sarana umum lainnya seperti sekolah, disalurkan melalui rekening panitia pembangunan. Untuk masjid ke rekening panitia pembangunan masjid, sekolah ke rekening panitia pembangunan sekolah,” jelasnya. Dia menyebutkan bahwa masjid yang mengalami kerusakan sebanyak 14 unit.
Bahkan, Pemkab Kerinci sudah menyelesaikan draf MoU pemberian bantuan tersebut. Saat ini tim sambil menunggu dana bantuan turun dari pusat, sudah mulai melakukan sosialisasi kepada korban gempa.
Kemarin (Selasa, red) sudah disosialisasikan kepada warga korban gempa, dengan mengambil tempat di Desa Pasar Kerman, Kecamatan Gunung Raya, yang dipimpin langsung Pak Sekda. Serta dihadiri oleh korban gempa dari Kecamatan Gunung Raya dan Batang Merangin,” ungkap Kabag Humas.
Ketika ditanya kapan bantuan dari pusat dan dari pihak ketiga diberikan, apakah diberikan bersamaan atau bertahap. Amri mengaku bahwa pemberian bantuan tersebut, nantinya dilakukan secara bersamaan. Baik dana dari pihak ketiga maupun dari pusat, akan disalurkan secara bersamaan,” pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar