Laman

Sabtu, 09 Oktober 2010

BANJIR WAISOR KARNA PEMBALAKAN YANG SANGAT MARAK

JAMBI EKSPRES:


M Jusuf Kalla

Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla sepakat dengan rilis Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) dan pemberitaan media mengenai dugaan pembalakan liar hutan lindung di sekitar Wasior, Teluk Wondama, sebagai salah satu penyebab banjir bandang di Wasior.

"Saya tidak tahu persis. Saya tidak pernah ke sana. Tapi apa yang diuraikan media dan Walhi itu ada benarnya juga karena ada HPH di situ," ungkapnya di PP Muhammadiyah, Jumat (8/10/2010). Namun, ia juga tidak menyalahkan pendapat ahli bahwa banjir karena hujan deras.

Dampak pembalakan itu, menurut mantan Ketua Umum Golkar ini, turut diperparah dengan hujan deras yang terjadi secara merata di Indonesia belakangan ini. Hal tersebut menyebabkan banjir bandang.

Kalla mengaku, pada saat dirinya masih duduk di pemerintahan, dia tidak tahu-menahu soal HPH. Namun yang jelas, lanjutnya, sudah ada moratorium untuk pembalakan hutan lindung. Ke depannya, lanjut Kalla, rehabilitasi harus segera dipikirkan dan direalisasikan.

Apakah Presiden harus berkunjung ke sana? "Seperti biasanya, seperti juga kemarin Sinabung, ada yang meninggal. Biasanya Presiden arif akan datang ke daerah-daerah yang ada musibah supaya adil," tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar