Laman

Kamis, 05 Agustus 2010

TELUR ITIK KERINCI SIAP RAJAI PROVINSI JAMBI

Kabupaten Kerinci merupakan satu daerah sentra itik petelur di Provinsi Jambi. Pasokan telur pun akan dilakukan ke kabupaten tetangga untuk memenuhi kebutuhan pada Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1431 Hijriah.

Kabag Humas Kabupaten Kerinci, Amri Suwarta di Jambi, Sabtu (31/7) mengatakan, daerahnya kini mampu memenuhi kebutuhan telur untuk masyarakat di Provinsi Jambi. Khususnya menyambut datangnya bulan puasa Ramadhan dan Idul Fitri.

"Kita optimistis dengan berkembangnya usaha ternak di Kabupaten Kerinci, akan mampu memenuhi kebutuhan telur bagi masyarakat setempat dan kabupaten tetangga," katanya seperti dilansir antara.

Peternakan itik merupakan satu di antara sub sektor andalan Kabupaten Kerinci. Cakupan wilayah pemasaran produksinya tidak saja untuk memenuhi kebutuhan konsumsi lokal, tapi juga ke kota dan kabupaten lainnya di Provinsi Jambi.

Populasi itik di Kerinci, yang memiliki hawa sejuk, hingga Juli 2010 ditargetkan 6.000 ekor lebih, teralisasi hampir 10.000 ekor. Peningkatannya cukup signifikan. Produksi telurnya mencapai lebih dari sejuta butir.

Pemerintah Kabupaten Kerinci terus memacu semangat para petani setempat untuk mengembangkan usaha ternak di samping usaha sebagai petani menggarap sawah. Instansi tekait kini terus berupaya meningkatkan kemampuan kewirausahaan melalui pelatihan dan melakukan penangkar bibit pada petani setempat.

Warga Kerinci sendiri yang sebagian besar merupakan petani penggarap sawah yang memiliki lahan persawahan, dapat menambah usaha sampingan dengan beternak. Areal pengembangannya juga memanfaatkan lahan persawahan, tanpa mengganggu tanaman padi yang digarap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar