Laman

Selasa, 26 Oktober 2010

DISIAP KAN 1690 EKOR TERNAK UNTUK IDUL ADHA

JAMBI EKSPRES:

1690 ekor ternak akan disiapkan untuk kebutuhan menjelang Hari Idul Adha pada 2010. Kebutuhan ternak tersebut meningkat dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 1658 ekor.

Dikatakan Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Kehutanan Kota Jambi, Harlik SP, pihaknya telah melakukan persiapan khususnya kebutuhan ternak di Kota Jambi menjelang Idul Adha 2010.

Pihaknya akan membentuk tim khusus yang turun ke lapangan untuk memantau ternak yang dikurbankan. "Diperkirakan kebutuhan ternak menjelang Idul Adha sebanyak 1690 ekor," ucapnya, Senin (25/10).

Menurutnya, kebutuhan ternak khususnya sapi sebanyak 776 ekor, kerbau 10 ekor dan kambing 904 ekor. Sebelum dikurbankan, tim yang turun ke lapangan akan memantau dan mengecek kesehatan dan kondisi hewan kurban tersebut. Agar menjamin masyarakat yang mengkonsumsi daging kurban.

Masyarakat atau panitia Idul Adha yang menyembelih hewan kurban sendiri agar melaporkannya ke instansi terkait. Walaupun hewan kurban, namun kondisi tubuhnya belum tentu sehat dan tidak berpenyakit.

Harlik menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan sekitar 120 ekor sapi yang berasal dari para peternak di Kota Jambi seperti Mudung Laut, Sekoja. Namun, pihaknya optimis dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Jambi akan ternak menjelang Idul Adha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar