Laman

Kamis, 10 Maret 2011

BOLA: FIFA TIDAK PERNAH BERTEMU KHUSUS DENGAN DUBES RI

JAMBI EKSPRES:

Default FIFA tidak Pernah Bertemu Khusus dengan Dubes RI



Federasi Asosiasi Sepakbola Internasional (FIFA) tidak pernah secara resmi mengadakan pertemuan khusus dengan Duta Besar RI untuk Swiss Djoko Susilo yang membahas soal kongres Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Anggota Komite Etik dan Fair Play FIFA Suryadharma ‘Dali’ Tahir dan Wakil Ketua Umum PSSI Nirwan Dermawan Bakrie menegaskan hal itu dalam keterangan tertulis yang diterima INILAH.COM, Rabu (9/3/2011). Mereka mengemukakan hal itu seusai menemui petinggi FIFA di Zurich, Swiss.

Belakangan santer berkembang kabar bahwa Presiden FIFA Joseph ‘Sepp’ Blatter dalam pertemuan khusus dengan Dubes RI di Swiss Djoko Susilo menyampaikan orang nomor satu di organisasi sepakbola dunia itu tidak menghendaki Nurdin Halid dan tiga kandidat lainnya mencalonkan kembali. Pernyataan yang sama kemudian disebut-sebut juga dikemukakan kepada Ketua KON/KOI Rita Subowo.

Dali Tahir menegaskan bahwa tidak ada pertemuan khusus antara pejabat-pejabat penting FIFA dan Dubes RI untuk Swiss Djoko Susilo maupun dengan Ketua KON/KOI Rita Subowo. Yang terjadi adalah, pertemuan antara petinggi FIFA, termasuk Presiden Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) Mohammed bin Hammam, dengan jajaran Dubes negara-negara Asia. Pertemuan di markas besar FIFA di Zurich itu, antara lain, terkait sosialisasi penyelenggaraan Piala Dunia 2022 di Qatar.

"Menurut keterangan Thierry Regennas, tidak ada pembicaraan resmi antara Blatter dengan Dubes RI. Mereka hanya mengobrol beberapa kalimat. Hasil rapat Exco (Kimte Eksekutif) FIFA tetap menjadi acuan. Tidak ada perubahan. Kepada Rita Subowo juga sudah disampaikan hal yang sama," ungkap Dali Tahir menguitip pernyataan Direktur Asosiasi dan Pengembangan FIFA Thierry Regennas yang mengikuti pertemuan tersebut.

Dali Tahir, yang sembilan tahun menjabat Exco AFC dan sampai sekarang masih tercatat sebagai anggota Komite Etik dan Fair Play FIFA, bersama Wakil Ketua Umum PSSI Nirwan Dermawan Bakrie sebelumnya bertandang ke markas besar FIFA dan bertemu langsung dengan Sekjen FIFA Jerome Valcke, Senin (7/3/2011).

Kedatangan mereka berdua terkait dengan penyelenggaraan Kongres PSSI sebagaimana sudah ditetapkan sebelumnya berdasarkan hasil sidang Exco FIFA 2-3 Maret silam. Di akhir sidang, FIFA secara resmi mengumumkan meminta PSSI membentuk komisi pemilihan untuk menjaring calon anggota Exco, termasuk ketua umum dan wakil ketua umum) PSSI 2011-2015 pada 26 Maret. Selanjutnya, kongres untuk memilih calon ketua umum, wakil ketua umum, dan Sembilan anggota Exco PSSI 2011-2015 harus digelar sebelum 30 April 2011.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum PSSI Nirwan Dermawan Bakrie mengungkapkan, dalam pembicaraan dengan Jerome Valcke, tidak ada keputusan apa pun dari FIFA menyangkut pencalonan seseorang pada Kongres mendatang. "Tidak ada penyebutan nama," jelas Nirwan D Bakrie.

Nirwan D Bakrie juga menegaskan, jika ada perubahan, FIFA tentu akan segera berkirim surat ke PSSI. "Sejauh ini, tidak ada perubahan. KIta tetap berpatokan pada surat FIFA tanggal 3 Maret lalu itu."

Nirwan menegaskan PSSI tetap akan mengacu pada surat FIFA karena itu merupakan hasil keputusan sidang Exco FIFA 2-3 Maret itu. "Jadi kalau ada perubahan mestinya diputuskan juga melalui Rapat Exco," tegas Nirwan Bakrie.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar