Laman

Sabtu, 05 Februari 2011

BOS WIKILEAKS GALANG DANA LEWAT FACEBOOK

JAMBI EKSPRES:


Julian Assange
Bos WikiLeaks Galang Dana Lewat Facebook?
Setelah membocorkan ribuan kawat diplomatik AS, aliran uang ke WikiLeaks diblokir.
Sabtu, 5 Februari 2011, 09:42 WIB

Julian Assange

Para pengacara Julian Assange, bos WikiLeaks, membuat akun khusus di Facebook. Tujuannya, meminta donasi alias bantuan dana untuk membiayai pembelaan hukum kliennya itu.

Seperti diberitakan CNN, akun dengan gambar Assange dan kalimat "I need your help. Please give" atau "Saya butuh bantuan Anda, tolong beri" hingga Jumat sore sudah berhasil mengumpulkan dana sekitar US$5.600.

Namun, kantor hukum Finers Stephens di London mengaku tidak tahu-menahu saat dikonfirmasi apakah mereka mengumpulkan dana dari Facebook, bersama dengan firma akuntan, Hazlems Fenton LLP dan tim pendukung Assange dari WikiLeaks.

Padahal, dalam akun Facebook, tertera nama kantor hukum itu, termasuk nomor rekening dan link PayPal --ini dimaksudkan agar para donatur bisa menyalurkan bantuannya secara langsung.

Para facebooker menuliskan pesan dukungan buat Assange dalam akun pencari dana itu. "Mohon dukungan bagi Assange demi kebebasan informasi dan transparansi," kata facebooker, Diego Ocampo Perez.

"Mari dukung keuangan pria pemberani ini," tulis Sergiy Zed.

Assange saat ini berada di Inggris. Meski bebas dari tahanan dengan jaminan, ia dipantau ketat. Pengadilan Inggris memerintahkan dia tinggal di sebuah mansion dan dicek secara berkala, tiap malam dan siang oleh polisi.

Setelah membocorkan ribuan kawat diplomatik kedutaan besar Amerika Serikat di seluruh dunia, WikiLeaks dibuat bangkrut. Bank of America yang merupakan bank terbesar di Amerika Serikat menghentikan seluruh aliran dana menuju WikiLeaks dan memblokir transaksinya.

Sebelumnya, sejumlah layanan transaksi seperti MasterCard, Visa, dan PayPal juga memblokir dana ke situs pembocor ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar