Laman

Sabtu, 15 Januari 2011

MOUSE AJAIB TIDAK TERLIHAT DAN TAK BERWUJUT

JAMBI EKSPRES:

Mouseless - Mouse ajaib yang tak terlihat dan tak berbentuk. Jangan tanya bagaimana bentuknya, Mouseless Invisible Mouse ini sama sekali tidak berwujud seperti mouse yang biasa kita lihat.

mouse_ajaib
Pranav Mistry, di bawah naungan Fluid Interfaces Group MIT Media Lab, menciptakan ”mouse ajaib” ini dengan menggunakan teknologi laser dan kamera inframerah yang dapat dipasang di komputer. Namun proyek ini bekerja seperti layaknya mouse biasa dengan menciptakan invisible layer dan menginterpretasikan gerakan ujung jari seperti halnya kursor biasa.

Kamera dan laser inframerah sama-sama dibenamkan dalam komputer. Modul sinar laser dimodifikasi sehingga dapat mendeteksi gerakan ujung jari. Cara kerjanya pun sama persis dengan mouse biasa. Jika ingin menggunakan left click cukup mengetukkan jari telunjuk, begitu juga bila kita ingin menggunakan right click, hanya mengetukkan jari tengah kita saja.

Menurut nextgadget.com, proyek ini hanya menghabiskan biaya produksi US$ 20, atau hanya sekitar Rp180 ribu saja. Ini bukan kali pertama Pranav Mistry membuat inovasi yang berprinsip sama. Sebenarnya asisten penelitian dan kandidat PhD MIT Media Lab ini pernah membuat inovasi sejenis, yaitu Sixth Sense, sebuah wearable device yang memungkinkan adanya interaksi baru antara dunia nyata dan dunia data.

Pranav juga telah dianugrahi penghargaan Invention Award 2009 dari Popular Science dan Young Innovator Award TR35 dari Technology Review karena Sixth Sense-nya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar