Laman

Selasa, 07 September 2010

Kota Sungai Penuh Pilwako Sungai Penuh Rawan Eksodus

Pemilihan Wali Kota (Pilwako) Sungai Penuh, yang akan diselenggarakan 11 Desember 2010, diperkirakan rawan terjadinya eksodus, yang akhirnya bisa mencemari pelaksanaan Pilwako.

"Ya, masuknya massa dari luar ke Kota Sungai Penuh, untuk ikut mencoblos saat pelaksanaan Pilwako 11 Desember mendatang, memang patut diwaspadai," ujar Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kerinci, Wazirman.

Menurut Wazirman, batas wilayah antara Kota Sungai Penuh dengan Kabupaten Kerinci tidak jelas. Hal tersebut sangat memungkinkan terjadinya perpindahan massa dari suatu wilayah ke wilayah lain.

"Kita bisa lihat batas wilayah yang ada sekarang. Antara Kecamatan Tanah Kampung dengan Kecamatan Sitijau Laut, Kecamatan Hamparan Rawang dengan Kecamatan Air Hangat Timur, begitu juga perbatasan Kota Sungai Penuh lainnya, yang boleh dikatakan tidak memiliki jarak sama sekali dengan Kabupaten Kerinci," katanya.

Untuk mengantisipasi eksodus tersebut, kata Wazirman, selain Panwaslu, juga diharapkan kerjasama warga, untuk ikut mengawasi adanya pergerakan massa saat saat hari pencoblosan.

"Kita berharap warga ikut berpartisipasi, untuk mengawasi adanya kemungkinan terjadinya eksodus saat Pilwako," tegas Wazirman.

Wazirman menegaskan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan petugas kepolisian untuk mengatasi masalah keamanan nantinya. "Kita minta mulai saat tahapan pencalonan, adanya keamanan ketat dari petugas, agar tidak terjadinya kemungkinan-kemungkinan yang tidak kita inginkan. Kita menginginkan pelaksanaan Pilwako bisa berjalan sukses, tanpa adanya keributan," ungkapnya.

Ia mengimbau tim sukses ataupun partai yang tidak puas dengan hasil Pilwako nantinya, mengajukan gugatan sesuai prosedur. "Jangan sampai menggunakan cara anarkis untuk menyelesaikan masalah," tambah Wazirman.

Jika kerusuhan terjadi, sebutnya, selain mencemari pelaksanaan Pilwako, juga akan mengurangi poin yang akan dijadikan dasar menetapkan Kota Sungai Penuh secara definitif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar