Laman

Selasa, 18 Januari 2011

MOTOROLA SIAPKAN KOMPUTER TABLET

JAMBI EKSPRES:

Sains & Teknologi
VIDEO: Motorola Siapkan Komputer Tablet
iPad, Samsung Galaxy Tab, dan BlackBerry PlayBook bakal kedatangan "teman" baru.
Selasa, 21 Desember 2010, 15:52 WIB
Muhammad Chandrataruna
Iklan penjualan iPad di Kota Palo Alto, California, AS (AP Photo/Paul Sakuma)

Apple iPad, Samsung Galaxy Tab, dan BlackBerry PlayBook tak lama lagi bakal kedatangan "teman" baru. Motorola perlahan-lahan membuktikan kabar yang nyaring beredar. Ya, vendor asal Illnois-Amerika Serikat itu siap meramaikan pasar tablet PC di sela ajang Consumer Electronics Association (CES) 2011, Nevada-Amerika Serikat.

Belum ada yang tahu seperti apa fisik tablet buatan Motorola itu. Namun, Motorola sendiri telah merilis video teaser pendek untuk memastikan bahwa tablet generasi masa depannya akan benar-benar dirilis pada ajang yang berlangsung 6-9 Januari 2011 itu.

Dalam video tersebut, Motorola menceritakan semacam evolusi tablet dari era Yunani (3.200 SM) hingga tahun 2010 yang ditandai dengan hadirnya Samsung Galaxy Tab.

Seperti yang diduga, video tersebut juga meledek tablet-tablet yang beredar saat ini, seperti Apple iPad yang katanya tidak lebih dari sebuah perangkat iPhone versi raksasa, Samsung Galaxy Tab hanya sebuah perangkat telepon besar buatan Korea yang mengoperasikan Android.

Penasaran? Berikut video yang diunggah oleh pihak Motorola di situs YouTube:


Video ini berhasil mengundang spekulasi dari para pengamat dan jurnalis. Beberapa di antaranya yakin bahwa tablet Motorola akan menjalankan sistem operasi baru Android Honeycomb, yakni sistem operasi yang dirancang khusus oleh Google untuk komputer tablet.

Spekulasi lain yang muncul adalah Motorola dan Verizon mempersiapkan tablet berukuran 10 inci dan mendukung jaringan FiOS terakhir. Namun, rumor ini buru-buru dibantah oleh BetaNews.

"Di sini, logikanya adalah bahwa Motorola membuat semacam set top box untuk layanan FiOS milik Verizon. Tidak ada hubunganya dengan rumor tablet. Tablet berfungsi sebagai alat komunikasi retail atau rumahan," kata Tim Conneally dari BetaNews, yang dikutip VIVAnews dari TG Daily, Selasa 21 Desember 2010.

Sementara ini, Apple iPad dan Samsung Galaxy Tab masih terus berlomba-lomba menguasai pasar. BlackBerry PlayBook, meski sudah diumumkan, hingga saat ini belum disediakan Research In Motion (RIM) di pasar. Kemungkinan besar, perseteruan serius baru akan dimulai pada kuartal pertama awal tahun depan, ketika BlackBerry PlayBook dan komputer tablet Motorola resmi "menyapa" iPad dan Galaxy Tab di pasar.


Perbandingan Tablet Internet
BlackBerry Playbook
Galaxy Tab
Apple iPad
BlackBerry Playbook Samsung P1000 Galaxy Tab iPad
Prosesor
1GHz Dual Processor
1GHz Samsung Hummingbird
1GHz Apple A4
OS
BlackBerry Tablet OS/QNX
Android 2.2 Froyo
iOS 4
Layar
7-inci, WSVGA, multi-touch screen
7-inci, TFT multitouch
9,7-inci, LED multitouch
Resolusi
1024x600 piksel
1024x600 piksel
1024x769 piksel
Berat
14 ons
13,4 ons
25,6 ons
Kapasitas
Belum diketahui
32GB internal, microSD sampai 32GB
16GB, 32GB, atau 64GB
Wi-Fi
Ada
Ada
Ada
Bluetooth
Ada
Ada
Ada
Kamera belakang
Ada (5MP)/HD
Ada (3,2MP)
Tidak ada
Kamera depan
Ada (3MP)/HD
Ada (1,3MP)
Tidak ada
GPS
Ada
Ada
Ada
Flash Video
Ada
Ada
Tidak ada
Telepon
Belum diketahui
Ada
Tidak ada
Kios Aplikasi
BlackBerry App Store
Android Market
Apple App Store

Sains & Teknologi Motorola Garap Tablet Android Jika sesuai jadwal, tablet PC tersebut baru akan muncul awal tahun 2011. Muhammad Chandrataruna Tak cuma fokus dalam pengembangan ponsel Android seperti Milestone Cliq i1 , dan Flipout , Motorola juga mulai merambah ke jajaran produk tablet. Tak salah lagi, Apple iPad benar-benar dikerubungi kompetitor serius.

Seperti diketahui, sebelumnya, sejumlah vendor seperti Samsung , Research In Motion (RIM) , Asus , Acer , dan beberapa lainnya juga menghadirkan tablet PC yang serupa.

Belum diumumkan apa nama perangkat tablet PC yang sedang digodok oleh raksasa produsen ponsel asal Amerika Serikat itu. Tetapi, kemungkinan besar tablet berbasis Android itu akan muncul dengan brand yang sangat kuat menimbang Motorola cukup lama beredar di lingkungan Android.

"Seluruh tablet yang kami siapkan sangat kompetitif di pasar, dan kami pikir hal itu akan terbukti dengan sendirinya ketika produk tersebut resmi muncul ke pasar," papar co-CEO Sanjay Jha yang dikutip TG Daily, Jumat 17 September 2010. "Jika sesuai jadwal, awal tahun depan akan diluncurkan," tandasnya.

Motorola tidak sendirian. Beberapa vendor komputer telah mendahuluinya. Seperti Dell dan Samsung yang sama-sama "meracik" tablet PC berbasis Android. Tablet Dell termasuk yang menuai perhatian. Pasalnya, layar tablet PC tersebut berukuran lima inchi, bisa dibilang ponsel raksasa atau bisa juga dibilang komputer mini.

Namun, Samsung dan Asus justru menjadi penantang serius di koridor tablet Android. Semuanya masih abu-abu. Tablet Motorola bisa saja muncul sebagai primadona. Bukan sekadar omong kosong, tetapi ponsel Android Motorola hari ini tercatat sebagai ponsel Android dengan catatan penjualan terbesar di Amerika Serikat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar