Laman

Sabtu, 22 Januari 2011

MENPORA: MASA KONGGRES TERTUTUP

JAMBI EKSPRES:


KONGRES PSSI
Kongres Tahunan PSSI Digelar Malam Ini
Jumat, 21 Januari 2011 | 12:33 WIB
PSSI

Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) akan menggelar Kongres Tahunan di Hotel Pan Pasific, Tanah Lot, Bali, pada Jumat (21/1/2011) malam ini. Kongres yang akan digelar selama dua hari ini akan dibuka langsung oleh Ketua Umum, Nurdin Halid dengan didampingi seluruh anggota Komite Eksecutive (Exco) PSSI.
kongres dihadiri lebih dari 100 peserta, terdiri dari ketua atau perwakilan 33 pengurus provinsi PSSI di Tanah Air. Hadir juga representasi klub-klub Djarum Indonesia Super League (DISL) dan Ti-Phone Divisi Utama

Kongres PSSI merupakan kongres tahunan terakhir dari kepengurusan PSSI periode 2007-2011 yang beberapa kali mengalami penyempurnaan, termasuk restrukturisasi kepengurusan dan revitalisasi bidang-bidang, diantaranya Badan Tim Nasional (BTN).

Dilansir situs resmi PSSI, Sekjen PSSI Nugraha Besoes menyatakan bahwa kongres dihadiri lebih dari 100 peserta, terdiri dari ketua atau perwakilan 33 pengurus provinsi PSSI di Tanah Air. Hadir juga representasi klub-klub Djarum Indonesia Super League (DISL) dan Ti-Phone Divisi Utama yang dikelola oleh PT Liga Indonesia, dan representasi dari tiga kompetisi liga amatir yang diselenggarakan oleh Badan Liga Sepakbola Amatir Indonesia (BLAI) PSSI.

Representasi dari kompetisi DISL adalah sebanyak 15 tim, dari Ti-Phone Divisi Utama 16 tim, kompetisi Divisi I diwakili 14 tim, kemudian 12 tim dari Divisi II, dan 10 tim dari Divisi III. Sementara itu, pelatih Alred Riedl dan asisten Wolfgang Pikal dijadwalkan akan ikut serta di tengah-tengah peserta kongres untuk membahas program kerja timnas selanjutnya.

Alfred Riedl juga akan memberikan presentasi di Kongres PSSI dan menyampaikan rencana program Timnas hingga persiapan SEA Games di November 2011.


Menpora: Masa Kongres Tertutup?
Jumat, 21 Januari 2011 | 21:37 WIB




Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Malarangeng (kanan) saling berebut bola dengan Duta Besar Inggris untuk Indonesia Martin Hatfull (kiri) dalam Laga pertandingan 616 hari menuju Olimpiade 2012 di Lapangan Sepak Bola Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) Jakarta, Jumat (19/11/2010).
Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng menyayangkan Kongres PSSI di Tabanan, Bali, tertutup. "Sepak bola itu, kan, cabang olahraga yang paling populer dan milik semua. Masa tertutup?" tanya Andi saat ditanya pers seusai mendampingi Wakil Presiden Boediono mendengarkan paparan mengenai rencana pembangunan arena SEA Games di Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (21/1/2011) petang.

Menurut Andi, Kongres PSSI yang dilaksanakan tahun lalu di Malang, Jawa Timur, saja terbuka bagi siapa pun. "Cabang-cabang olahraga lainnya saja tidak pernah tidak mengundang pers dan dilakukan secara terbuka sehingga publik bisa mengikuti kemajuan dan perkembangan sepak bola Indonesia," kata Andi.

Ditanya mengapa pengurus PSSI menutup diri pelaksanaan kongres tersebut, Andi mengaku tidak tahu-menahu. "Tanya saja ke PSSI ada dan mengapa mesti rahasia," ujarnya lagi.

Andi mengakui jika dilakukan tertutup, sulit bagi siapa pun mengetahui apa yang terjadi di Kongres PSSI. "Sekarang saya tidak tahu ada apa di sana? Saya sendiri tidak diundang," demikian Andi Mallarangeng.






Ketua Umum PSSI Nurdin Halid membantah isu yang menyebutkan Kongres II PSSI di Bali adalah upaya mengondisikan semua pengurus daerah PSSI untuk memilih dirinya kembali sebagai ketua umum dalam kongres empat tahunan, April nanti.
Dukungan itu tidak ada. Jangan percaya isu, itu fitnah, kalau pemilihan pasti sesuai statuta.
-- Nurdin Halid

"Dukungan itu tidak ada. Jangan percaya isu, itu fitnah, kalau pemilihan pasti sesuai statuta," kata Nurdin kepada wartawan menjelang pembukaan kongres.

"Kalau kongres, ini bukan kongres election," katanya.

Nurdin menjelaskan, kongres yang diselenggarakan di Bali, 21-22 Januari, in, hanya mengagendakan laporan dan tanggapan atas kepengurusan PSSI periode 2007-2011.

"Pelaksanaan kongres dari statuta (peraturan) tidak boleh menyimpang dari statuta yang ada," ujarnya.

Nurdin menjamin kongres tidak akan menyimpang dari aturan dan tidak ada rekayasa di dalamnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar