Laman

Selasa, 14 Desember 2010

ECB Tingkatkan Pembelian Obligasi Pemerintah

JAMBI EKSPRES:
Selasa, 14 Desember 2010 02:09 WIB

ECB Tingkatkan Pembelian Obligasi Pemerintah

Frankfurt

Bank Sentral Eropa, Senin mengatakan, pihaknya membeli 2,667 miliar euro (3,6 miliar dolar) obligasi pemerintah zona euro pada minggu lalu, naik tajam dari pembelian 1,965 miliar euro minggu sebelumnya.

Ini adalah pembelian tingkat tertinggi sejak awal Juli, ketika pembelian mingguan obligasi negara oleh ECB mencapai sebesar nilai empat miliar euro.

Mereka biasanya berfokus pada utang yang diterbitkan oleh Yunani, Irlandia dan Portugal.

Sejak `Securities Markets Programme` ECB yang kontroversial diluncurkan pada Mei selama krisis utang Yunani, bank sentral telah membeli obligasi pemerintah senilai sekitar 72 miliar euro.

Dalam minggu pertama program, pembelian mencapai 16,5 miliar euro tetapi jumlahnya jatuh ke nol pada akhir Oktober dan awal November.

ECB tidak ingin mengambil tanggung jawab untuk menyelesaikan krisis utang blok, dan gubernur bank sentral Jerman Axel Weber telah bergabung dengan lainnya dalam menekankan bahwa program pembelian obligasi itu harus dibawa ke akhir di beberapa poin.

Presiden ECB Jean-Claude Trichet mendesak pemerintah zona euro secara teratur untuk "berbuat sesuai dengan tanggung jawab mereka" dengan mendapatkan keuangan mereka dalam rangka dan mencapai kesepakatan mengenai mekanisme penyelesaian utang permanen.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar