Laman

Kamis, 21 Oktober 2010

TINGGI NYA CURAH HUJAN MEMBUAT PETANI PADI UNTUNG

JAMBI EKSPRES:

Musim hujan berkepanjangan akhir-akhir ini tidak menurunkan jumlah produksi padi di Provinsi Jambi dan diyakini akan tetap terjadi peningkatan.

Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman pangan Provinsi Jambi Abu Suchamah mengatakan, musim hujan berkepanjangan bagi petani padi cukup menguntungkan.

"Bagi daerah tadah hujan, sangat diuntungkan, sebelumnya musim tanam hanya satu kali, kini bisa dilakukan dua kali setahun," katanya, Selasa (19/10).

Lahan yang dulunya kering, kini selalu basah, dan bisa ditanami padi setiap saat, sehingga produksi padi pun bisa ditingkatkan, sementara daerah yang pengairannya teratur, atau irigasi juga kian baik.

Katanya, pada 2009 produksi gabah kering giling (GKG) Provinsi Jambi mencapai 641.000 ton, dan pada 2010 diprediksikan meningkat sekitar tiga persen.

Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Provinsi Jambi melakukan berbagai upaya untuk memperluas areal tanam dan pengembangan teknologi untuk meningkatkan produksi.

Untuk meningkatkan produksi dan menekan biaya, petani kini juga terus dibina memproduksi pupuk organik yang bahan bakunya berasal dari jerami dan kotoran ternak yang diusahakan sendiri.

1 komentar:

  1. Akan tambah Untung lagi kalau pakai pupuk organik dari NASA . . .
    Pupuk nya terjangkau hasilnya melimpah . . . :D

    Go Organik

    BalasHapus