Laman

Jumat, 04 Februari 2011

LEDAKAN BESAR DI MABES POLRI JAKARTA

JAMBI EKSPRES:
Ledakan di Mabes Polri Iptu Syarifuddin luka. "Dia sedang kerja, tiba-tiba, bluzz...meletus, meledak."



Duar! Ledakan keras tiba-tiba terdengar dari ruang Pusat Laboratorium Forensik di Lantai III Gedung Mabes Polri sekitar pukul 13.27 WIB, Jumat 4 Februari 2011. Inspektur Satu Syarifuddin terluka dalam insiden ini.

"Syarifuddin adalah ahli kimia, ini kecelakaan kerja," kata Kepala Puslabfor, Brigadir Jenderal Budiono di Mabes Polri. "Dia sedang kerja, tiba-tiba, bluzz ...meletus, meledak."

Dijelaskan Budiono, benda yang meledak adalah tangki berukuran tiga liter. "Tabung untuk pemanas, burner. Dia sedang melakukan analisis logam," tambah dia.

Saat ini, Syariffudin dirawat di Rumah Sakit Tebet, karena luka bakar dan terkena pecahan kaca.

Sementara itu, Wakil Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Kepolisian, Brigadir Jenderal Untung Yoga Ana, menjelaskan akibat ledakan besar itu kaca pintu ruang Puslabfor pecah. "Karena memang itu ruang tertutup, seperti teman-teman ketahui, apabila ruangan tertutup, gas terbuka, lalu ada sulutan api.....," kata Untung, tanpa menyelesaikan kalimatnya.

Penyebabnya telah diketahui, gas. Namun, untuk mengetahui gas apa yang jadi penyebab, sedang dalam pemeriksaan tim forensik. Belum bisa disimpulkan. "Perlu waktu cukup lama karena paling tidak ada 10 sampai 12 komponen yang harus diperiksa," kata dia.

Untung mengoreksi pernyataannya sebelumnya, bahwa penyebab ledakan adalah tabung nitrogen yang meledak. "Setelah saya tanya ternyata secara fisik tabung nitrogen ada di ruangan yang sama tapi tak meledak."

Untung juga memperbarui informasi, bahwa korban Syarifuddin dibawa ke RS Kramat Jati. "Memang rencananya ke sana, tapi mungkin (karena) yang terdekat RS Tebet."

Syarifuddin, kata dia menderita luka bakar di beberapa bagian tubuh. "Bagian depan baju, depan celana, dan rambutnya terbakar."

Apakah lukanya termasuk berat? "Luka bakar kan memang tidak ada yang ringan," kata Untung.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar