Laman

Kamis, 20 Januari 2011

PERGESRAN ZODIAK DI ANTARIKSA BERITA LENGKAP

JAMBI EKSPRES:

Oleh M Zaid Wahyudi

Awal tahun ini, publik kembali dibingungkan dengan isu pergeseran zodiak. Sebagian orang tak mau ambil pusing karena tak percaya dengan zodiak yang bisa memengaruhi nasib mereka. Namun, sebagian yang lain menolak pergeseran itu karena akan mengubah zodiak mereka yang sudah dianggap cocok dengan karakter dirinya.

Munculnya isu pergeseran zodiak ini bukan untuk yang pertama kali. Sejak internet mulai dikenal luas pada akhir 1990-an, isu ini muncul berulang setiap beberapa tahun sekali.

Hal yang terjadi sesungguhnya adalah pencampuradukan antara ilmu astronomi dan astrologi. Zodiak dalam astrologi, sejak dulu hingga kini, berjumlah 12 buah dengan rentang waktu masing-masing zodiak adalah 30 hari. Sementara dalam astronomi, zodiak sejak dulu sampai sekarang berjumlah 13 buah dengan rentang waktu setiap zodiak 7-45 hari.

Zodiak

Zodiak merupakan rasi bintang yang terletak di garis ekliptika. Rasi bintang merupakan kelompok bintang-bintang yang terlihat dari Bumi seolah-olah berdekatan. Padahal, bisa jadi bintang-bintang itu tidak memiliki hubungan apa pun.

Sementara garis ekliptika adalah jalur semu Matahari mengelilingi Bumi. Disebut semu karena sejatinya Bumi-lah yang mengelilingi Matahari. Namun, bagi pengamat di Bumi, Matahari-lah yang terlihat bergerak.

Rentang waktu zodiak menunjukkan kapan Matahari melintasi zodiak tersebut. Dalam astronomi, rentang waktu Aries adalah 18 April-13 Mei. Artinya, Matahari melintasi rasi Aries pada tanggal tersebut.

Dalam astronomi, zodiak berfungsi mempermudah pencarian dan penamaan obyek-obyek langit, seperti bintang, galaksi, gugus galaksi, dan supernova. Keberadaan zodiak tidak memiliki hubungan apa pun dengan nasib manusia.

Persatuan Astronom Internasional (International Astronomical Union) sejak 1922-1930 telah menetapkan 88 rasi bintang di seluruh bidang langit, termasuk 13 rasi zodiak, lengkap dengan batas-batasnya.

Dalam astrologi, 12 zodiak merupakan salah satu unsur yang (dikatakan) memengaruhi nasib manusia. Astrolog Intan Ophelia dalam situs opheliaastrologi.com menyebutkan, zodiak bukanlah satu-satunya alat untuk meramalkan nasib seseorang, tetapi juga perlu melihat aspek lain, seperti posisi benda-benda langit lainnya, terutama planet.

Bangsa yang pertama kali menggunakan astrologi untuk meramal nasib adalah Babilonia, sekitar tahun 3000 Sebelum Masehi (SM).

Pedro Braganca dalam tulisan Your Astrological Sign May Not be What You Think It is di LiveScience pada 23 Oktober 2007 mengungkapkan rentang waktu zodiak dalam astrologi yang rata-rata 30 hari diperoleh dengan membagi sama panjang jalur lintasan semu Matahari sesuai jumlah 12 zodiak.

Dosen Program Studi Astronomi Institut Teknologi Bandung, Ferry M Simatupang, mengatakan, tingkat ketelitian pengamatan dan penghitungan benda langit 4.000 tahun lalu tentu jauh berbeda dengan kondisi sekarang. Kekurangakuratan penghitungan itulah yang membuat zodiak dalam astrologi berbeda dengan zodiak dalam astronomi.

Sejak digunakan tahun 3000 SM hingga kini, rentang waktu zodiak dalam astrologi tidak pernah mengalami koreksi, seperti yang dilakukan dalam astronomi. Perubahan kecil benda langit tidak akan tampak dalam rentang waktu tahunan, tetapi akan terlihat nyata bedanya dalam rentang waktu puluhan hingga ribuan tahun.

Pergeseran zodiak

Titik nol di garis ekliptika yang menjadi awal penentuan zodiak disebut sebagai Titik Aries karena titik tersebut berada di arah rasi Aries. Keberadaan Titik Aries ini sudah diketahui sejak 600 SM.

Dalam astronomi, Titik Aries menjadi perpotongan antara bidang ekliptika dan garis ekuator langit. Titik ini menjadi awal gerak semu Matahari di belahan langit utara serta penanda awal musim semi di belahan Bumi utara. Matahari akan kembali berada di Titik Aries dalam waktu satu tahun.

Ahli kalender dari Program Studi Astronomi ITB yang juga mantan Kepala Observatorium Bosscha Moedji Raharto mengatakan, posisi Titik Aries ini mulai bergeser sejak tahun 100 SM. Saat itu, posisi Titik Aries tak lagi berada di rasi Aries, tetapi sudah berada di rasi Pisces. Pergeseran ini akan berlangsung hingga tahun 2700.

"Jadi, pergeseran rasi ini bukan terjadi baru-baru saja, tetapi sejak 2.100 tahun yang lalu," ia menegaskan.

Selanjutnya, Titik Aries akan bergeser lagi menuju rasi Akuarius antara tahun 2700 hingga 4400, ke arah rasi Capricornus antara tahun 4400 hingga 6300, dan seterusnya.

"Rentang waktu zodiak akan terus berubah dengan periode sekitar 2.500 tahun," ujarnya.

Pergeseran Titik Aries yang memicu perubahan rentang waktu zodiak terjadi akibat gerak presesi Bumi. Gerak presesi adalah gerak perputaran Bumi pada sumbunya ketika pada saat yang sama Bumi juga bergerak mengelilingi Matahari. Gerak ini mirip gerak gasing yang berputar miring sembari melintasi jalur melingkar.

Gerakan sumbu Bumi itu membuat posisi ekuator Bumi bergerak. Perubahan posisi ekuator Bumi itu akan turut mengubah posisi ekuator langit. Akibatnya, perpotongan antara garis ekliptika dan ekuator langit yang disebut Titik Aries itu akan turut bergeser.

Gerak presesi membuat posisi Titik Aries bergeser 50,2 detik busur per tahun ke arah barat koordinat langit. Titik Aries akan kembali ke lokasi awalnya setiap 25.800 tahun sekali.

"Titik Aries akan kembali ke arah rasi Aries sekitar 23.000 tahun lagi," katanya.

Moedji menambahkan, pergeseran Titik Aries yang sangat kecil ini tidak bisa dideteksi dengan teknologi astronomi yang ada pada awal tahun Masehi. Perubahan posisi bintang mulai bisa dideteksi oleh astronom Muslim sekitar tahun 900 M-1500 M dengan menggunakan alat yang disebut sextant.

Dengan semakin majunya perkembangan ilmu astronomi, posisi benda-benda langit dapat dihitung dengan lebih akurat. Hasilnya, para astronom bisa mengukur waktu gerhana, gerak bintang, hingga waktu terbit dan tenggelamnya benda-benda langit dengan ketelitian tinggi.

Karena itu, perbedaan zodiak dalam astronomi dan astrologi tidak perlu dipertentangkan terus-menerus. Astronomi dan astrologi adalah dua hal yang berbeda walau memiliki akar sejarah keilmuan yang sama. Fenomena astronomi bisa dijelaskan sesuai metode ilmiah dan terukur, sedangkan astrologi sulit dibuktikan dengan metode ilmiah. Mau percaya atau tidak dengan ramalan bintang, itu adalah pilihan Anda.


Trik Melunasi Utang Sesuai Zodiak


Gunting saja dulu kartu kredit Anda, sampai Anda berhasil melunasi utang.
Banyak orang yang terjerat dalam belitan utang kartu kredit dan sulit melepaskan diri. Sumber dari segala masalah ini adalah kurangnya disiplin dalam mengelola keuangan dan keinginan untuk memiliki banyak hal yang sebenarnya tidak mampu Anda miliki. Anda berniat menyelesaikan utang ini, tetapi sudah kehabisan akal mengenai bagaimana cara menyisihkan uang Anda.

Agar Anda lebih mudah melunasi utang atau membuat kemajuan dalam hal manajemen keuangan, coba cari caranya sesuai dengan karakter bintang Anda.

Aries
Anda memiliki energi lebih besar daripada zodiak lainnya. Tetapi, jangan menganggap hal ini sebagai sesuatu yang positif dulu. Karena maknanya bisa berarti, Anda mampu menghabiskan uang lebih cepat dan lebih bersemangat. Nah, agar Anda tidak tekor karena senang berbelanja, cobalah mencari pekerjaan sampingan. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan tambahan penghasilan yang dapat membantu melunasi utang lebih cepat.

Taurus
Orang Taurus dikenal konsumtif dan menyukai kemewahan. Repotnya, Anda tidak disiplin dalam mengelola keuangan. Anda cenderung hanya menyetor pembayaran minimum dari tagihan kartu kredit Anda. Jika pengeluaran Anda saat ini lebih besar daripada pendapatan, sebaiknya Anda mulai mengurangi jumlah kartu kredit. Sementara itu, jadikan barang-barang branded milik Anda sebagai investasi sehingga Anda bisa menjualnya dengan harga lebih mahal ketika Anda membutuhkan uang.

Gemini
Kemampuan mengelola keuangan si Gemini sangat kurang. Utang-utangnya bisa terjadi karena ia tidak membayarnya tepat waktu, bahkan sering kali lupa membayarnya. Ada baiknya Anda menyewa konsultan keuangan karena Anda tampaknya butuh bantuan untuk menyelesaikan masalah keuangan. Jangan takut membayar perencana keuangan untuk membantu Anda mengelola keuangan selama Anda masih mampu.

Cancer
Anda mungkin cerdas dalam masalah keuangan dan bisnis, tetapi juga juga seorang emotional spender. Anda selalu bertindak impulsif saat berbelanja. Karena itu, untuk menghindarkan Anda dari utang adalah dengan mencari cara lain untuk memanjakan diri, selain berbelanja. Apa kira-kira yang bisa menghibur Anda ketika Anda sedang stres atau sedih, selain pakaian atau tas bermerek.

Leo
Orang Leo pada dasarnya kreatif dan kebanyakan memiliki hobi menghibur diri sendiri. Coba manfaatkan kesenangan Anda untuk menghasilkan uang. Entah itu menjadikan hobi Anda menyanyi sebagai sumber penghasilan baru saat weekend, merancang busana, atau memasak. Apa saja sebenarnya bisa dijadikan uang asal Anda bisa fokus melakukannya. Cari partner agar Anda bisa mewujudkan rencana ini dengan lebih bersemangat.

Virgo
Kebalikan dari si Taurus, Virgo tergolong sangat disiplin. Namun, Virgo juga sering menyerah ketika ada sebuah rencana yang tampak terlalu berlebihan atau di luar jangkauan. Jadi, sebaiknya Anda membagi-bagi tujuan finansial Anda dalam langkah-langkah kecil. Untuk minggu pertama, misalnya, coba kurangi jadwal makan di luar untuk dua malam. Setelah mampu melakukannya, ciptakan tujuan baru untuk minggu kedua. Berkomitmenlah pada kebiasaan ini, maka utang Anda akan segera lunas.

Libra
Anda menyukai hal-hal yang bisa memanjakan diri, entah itu tampil cantik atau makan di luar bersama teman-teman. Tetapi, Anda tidak boleh menciptakan konsep besar pasak daripada tiang untuk diri Anda. Coba ciptakan sesuatu yang mampu menghemat pengeluaran Anda. Misalnya, alihkan acara makan-makan di rumah menjadi semacam potluck party, di mana setiap tamu wajib menyumbang makanan.

Scorpio
Anda tergolong tertutup dan tidak akan pernah terbuka pada siapa pun mengenai utang Anda, kecuali pada seseorang yang bisa membantu Anda mengingatkan mengapa Anda bertindak ceroboh dalam keuangan. Anda bisa mencari teman atau keluarga yang Anda respek untuk membimbing agar pengeluaran Anda tidak melebihi pendapatan. Bila Anda sudah menemukan kunci menata pengeluaran ini, Anda pasti akan segera terbebas dari utang.

Sagitarius
Optimistis adalah sifat dasar Sagitarius sehingga Anda menghadapi telepon dari para debt collector yang menagih utang kartu kredit itu tidak menjadi masalah besar. Anda menganggap "teror" semacam itu akan mereda dengan sendirinya, apalagi jika Anda lalu memilih berlibur untuk menghindar (dan menambah jumlah utang Anda). Cara terbaik menangani utang adalah membuat inventarisasi yang realistis mengenai bagaimana dan di mana Anda menggunakan uang. Jika Anda mampu mengubah mindset dari "punya utang itu enggak masalah" menjadi "saya bisa, dan harus menyelesaikan utang!", Anda pasti berhasil melepaskan diri dari jeratan utang.

Capricornus
Sebenarnya Anda berkomitmen untuk membayar utang, tetapi tampaknya Anda membutuhkan kenaikan gaji lebih dulu. Karena semakin banyak uang yang Anda miliki, semakin mungkin Anda mampu melunasi utang. Jika Anda tidak berhasil mendapatkan kenaikan gaji seperti yang Anda inginkan, mungkin Anda perlu mempertimbangkan kembali posisi Anda sekarang. Apakah Anda sudah bekerja cukup keras untuk menghasilkan uang yang Anda butuhkan? Apakah mencari side job bisa memberikan peluang penghasilan yang lebih baik? Biarkan ambisi Anda bekerja saat ini.

Aquarius
Berpikirlah secara out of the box karena itulah kelebihan Anda. Jalan apa yang belum Anda tempuh ketika menyangkut manajemen keuangan? Apakah Anda sudah berusaha mengurangi acara ngopi bersama teman-teman sepulang kantor? Sudah, tetapi tak ada hasilnya? Mungkin Anda perlu melakukan langkah yang lebih cermat. Hangout saja pada akhir pekan, atau, gunting kartu kredit Anda sampai Anda berhasil menyelesaikan utang.

Pisces
Manajemen keuangan tampaknya bukan kekuatan seorang Pisces. Ketika tagihan kartu kredit datang, Anda biasanya menunda untuk membukanya dan menyimpannya saja di kotak penyimpanan. Tidak akan mudah mengubah kebiasaan ini. Minta pasangan atau keluarga Anda mengatur kapan Anda harus membayar tagihan dan mengendalikan kebiasaan belanja Anda. Mintalah bantuan untuk menciptakan penetapan budget, dan sekali lagi, minta mereka mengatur agar Anda berkomitmen untuk menepatinya.



Zodiak Positif, Semangat Positif
Editor : Erlangga Djumena

Oleh Hermawan Kartajaya
Bersama Putu Ikawaisa Mahatrisni

Apa kata Zodiak anda hari ini? Jika anda membaca kata-kata di atas pasti ada saatnya dimana anda akan tergoda untuk mencari tahu apa yang terjadi hari ini sekaligus memastikan tidak ada yang salah dengan ramalan tersebut.

Dalam film Kungfu Panda, terdapat suatu ungkapan, “Yesterday is history. Tomorrow is a mystery. Today is a gift. That’s why it is called the present.” (dikutip dari buku “jadul” Alice Morse Earle dalam Sun Dials and Roses of Yesterday (1902). Sebenarnya kalimat itu ingin mengingatkan bahwa kita jangan melupakan sejarah, dan tetap sabar menjalani hari esok. Namun demikian, bila kejadian hari esok bisa diramalkan, apakah ini tidak membuat penasaran?

Coba anda perhatikan setiap akhir tahun berbagai majalah perempuan pasti menyediakan suplemen mengenai prediksi zodiak atau shio kita untuk tahun mendatang. Apa sih yang menarik dari zodiak ini dan kenapa perempuan menyukainya?

Dalam satu diskusi dengan beberapa perempuan, disebutkan bahwa zodiak merupakan salah satu topik yang disukai oleh mereka. Bagi mereka zodiak bisa menambah kepercayaan diri mereka karena seolah-olah mereka mengetahui apa yang akan terjadi dengan mereka sepanjang hari itu. Mungkin terdengar aneh ketika mereka mengatakan bahwa zodiak juga menjadi spirit booster untuk menjaga mood para perempuan tetap baik sepanjang hari tersebut.

Kekhawatiran “berlebih”, kehati-hatian mengambil sikap atau bertindak, mungkin juga dibumbui dengan adanya rasa kurang percaya diri menghadapi apa yang akan terjadi mendasari perempuan untuk mencari solusi berupa “pegangan”. Salah satu pegangan yang sangat banyak dipakai sebagai acuan oleh perempuan adalah zodiak atau ramalan bintang.

Zodiak paling tidak juga bisa memberi rasa aman bagi perempuan untuk melangkah, karena diposisikan sebagai antisipasi cermin masa depan. Tidak masalah apabila hasil ramalan zodiak hanya bersifat probabilitas, yang penting perempuan tahu terlebih dahulu kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi. Kondisi ini akan membuat mereka siap secara mental dan bisa mengantisipasi kemungkinan terburuk.

Melihat pada topik yang dibaca oleh perempuan dalam suatu majalah, maka pada hasil riset terhadap 1.301 perempuan, diketahui bahwa 34 persen pembaca majalah perempuan menyatakan membaca zodiak mereka dan prediksinya. Ramalan yang menyatakan mereka akan menemukan sesuatu yang akan membahagiakan atau untuk yang berpasangan misalnya akan memperoleh sesuatu menjadi hal yang peling disukai oleh perempuan ketika membaca zodiak. Bahkan jika zodiak tersebut mengatakan bahwa mereka harus menggunakan warna tertentu supaya memberikan efek positif beberapa perempuan akan dengan senang hati mengikutinya.

Adanya futuristic anxiety ternyata dialami lebih banyak pada perempuan dibanding laki-laki, di mana perempuan kurang suka pada ketidakpastian yang mengejutkan. Pada perempuan, kecemasan ini lebih kentara adanya masalah hormonal dan siklus reproduksi yang naik-turun kerap menjadi pemicunya. Serangan ini makin menjadi menjelang masa menstruasi (PMS-premenstrual syndrome), atau ketika kadar hormon estrogen dan progesteron wanita menurun

Pengaruh hormonal pada perempuan menyebabkan perempuan bisa memiliki perubahan mood yang cukup cepat. Membaca sesuatu yang mensugesti perempuan untuk lebih baik tentunya bisa membantu memperbaiki mood yang buruk atau meningkatkan kepercayaan diri jika perempuan tersebut sedang dalam kondisi mood yang cukup baik.
Bagi perempuan muda antara rentang usia 16 -35 tahun, membahas mengenai zodiak bisa menjadi sama serunya dengan membahas satu gossip, biasanya mereka membahas zodiac mereka berikut pasangan yang sedang mereka harapkan. Menemukan kecocokan antara zodiac tentunya menjadi pembahasan menarik diantara perempuan-perempuan mudah tersebut. Topic ini tentunya ringan dan seru karena antara satu dan sama lainnya bisa menemukan kecocokan satu sama lainnya.

Perempuan meskipun sangat emosional, mereka sangat mudah untuk disugesti supaya moodnya lebih baik. Jika mood perempuan baik, maka mereka akan dengan senang hati saling berbagi mengenai informasi apapun sehingga bisa saling melengkapi. Informasi dalam zodiak sebetulnya sangat fancy dan sederhana. Bahkan cenderung irit. Namun kesederhanaan itu membuat perempuan untuk lebih ingin tahu dan menjadikannya bahan untuk percakapan atau mencari tahu lebih jauh lagi.

Demikian juga dalam mengkomunikasikan produk, ketika kita berhasil menyampaikan suatu pesan sederhana namun bisa membuat perempuan merasa senang dan penasaran. Maka bukan tidak mungkin perempuan akan dengan senang hati menghubungkan diri mereka dengan produk tersebut. Bagi perempuan informasi sederhana namun menarik dan update akan memberikan mereka akses untuk tahu lebih banyak dan lebih dulu.

-------------------
Artikel ini ditulis berdasarkan analisa hasil riset sindikasi terhadap hampir 1301 responden perempuan di 8 kota besar di Indonesia, SES A-D, Usia 16-50 tahun, yang dilakukan bulan Mei - Juni 2010 oleh MarkPlus Insight berkerjasama dengan Komunitas Marketeers.

Yang Bikin Pria Unik, Sesuai Zodiaknya


Bila si dia sedang moody, jangan terbawa ikut marah. Berikan waktu baginya untuk mendinginkan kepala.

Setiap pribadi adalah unik, tak terkecuali si dia yang selama ini menemani Anda. Tetapi mengapa ada masa-masa naik-turun saat bersamanya? Mungkin Anda hanya perlu mengenali lebih jauh keunikan pasangan. Coba eksplorasi bagaimana zodiak bisa memengaruhi keputusan atau pilihan-pilihan hidupnya.

Aries
Pria Aries adalah tipikal pria yang senang menunjukkan kelaki-lakiannya. Ia suka memamerkan kekuatannya, keberanian, dan kemampuan leadership-nya. Sifat alaminya memang penuh gairah, namun punya temperamen yang juga mudah tersulut. Bila tak mau ia "meledak-ledak", berikan waktu dan ruang baginya untuk mendinginkan kepala, sampai ia siap untuk kembali bersenang-senang dengan Anda.

Taurus
Kalem dan stabil, begitu karakter pria Taurus. Tak heran, mereka terbiasa menjalani sesuatu yang sudah jadi rutinitas. Sifatnya sangat bersahaja, dan ia akan sangat menghargai upaya Anda memasakkan makanan untuknya. Pria Taurus tergolong tradisional, sehingga tidak suka membuat terlalu banyak perubahan dalam sekali waktu. Tetapi jika ia melakukannya dengan caranya sendiri, ia bisa mengubah pikirannya.

Gemini
Gemini memang dikenal senang berbicara, bahkan seringkali jadi cerewet. Pria Gemini punya rasa ingin tahu yang tinggi, dan selalu ingin memelajari sesuatu yang baru. Ia akan sangat menghargai perempuan yang bisa memberinya bahan pemikiran. Ia juga paling tidak bisa diminta diam di satu tempat. Jadi daripada memintanya selalu menemani Anda di rumah, lebih baik Anda yang menemaninya kemana-mana.

Cancer
Pria Cancer punya koneksi yang dalam dengan sisi femininnya. Bagaimana maksudnya? Ia senang membuat Anda merasa seperti di rumah sendiri, dan tak ragu untuk memasak sesuatu untuk Anda. Ia mudah berbagi perasaan, dan memiliki pendekatan imajinatif terhadap kehidupan. Pria Cancer juga sering moody. Namun jika ia punya cukup waktu untuk memproses emosinya, ia bisa cepat melupakannya.

Leo
Jika ingin bersenang-senang, carilah pria Leo. Mereka menyukai acara kumpul-kumpul, dan memiliki pendekatan yang santai mengenai kehidupan dan cinta. Mereka sangat romantis, dan senang menghujani Anda dengan perhatian. Mereka bisa menuntut seluruh perhatian Anda, dan ingin tetap diperhatikan juga. Karena itu, sejak awal buatlah batasan tentang perhatian yang ingin Anda terima.

Virgo
Pria Virgo adalah tipikal pria konservatif yang senang melayani. Mereka tahu apa yang harus dilakukan untuk memastikan segala sesuatu berjalan dengan baik. Mereka juga menyukai kebersihan, sehingga ia mau membereskan pakaian atau kaus kaki kotornya sendiri. Jangan heran juga kalau ia memperlakukan toiletnya dengan rapi. Ketika mereka mulai mengkritik atau mengecam sana-sini, bantu mereka untuk lebih santai.

Libra
Pria Libra selalu berorientasi untuk membangun hubungan, dan ia tahu apa yang harus dilakukan untuk mempertahankannya. Mereka tergolong romantis, dan akan selalu membuat pasangannya merasa cantik dan istimewa. Bila Anda mau berupaya untuk membuatnya merasa hebat dan spesial, ia pun akan sangat menghargai Anda. Sayangnya, karena ia cenderung menghindari konflik, kadang-kadang akan sulit mengetahui apa yang dirasakannya. Beri tempat baginya untuk mengekspresikan pikiran-pikirannya, untuk mencegah terjadinya sesuatu yang mengejutkan Anda.

Scorpio
Anda senang memendam perasaan atau pikiran? Jangan harap Anda bisa terus tenggelam dalam kebiasaan ini, karena pria Scorpio punya hasrat membara untuk memahami perasaan pasangannya yang terdalam. Ia sangat bergairah dengan hidupnya, dan senang mengeksplorasi misteri dalam kehidupan. Si Scorpio juga memiliki kecenderungan untuk mudah cemburu.

Sagitarius
Mereka senang menikmati hidup, dan terkesan tidak ada yang perlu dipikirkan sama sekali. Selera humornya bisa diandalkan, dan dia senang ketika berhasil membuat Anda tertawa. Pria Sagitarius senang melakukan hal-hal yang adventurous, jadi jangan kaget bila ia akan sering mengajak Anda jalan-jalan tanpa memberitahu tujuannya. Meskipun ia cenderung mengelak dari komitmen, jika diberi cukup banyak kebebasan ia juga bisa menemukan kesenangan dalam hubungan yang stabil.

Capricornus
Pria Capricornus tergolong stabil, dan berorientasi pada komitmen. Masa depan, bagi mereka, harus selalu direncanakan, dan mereka selalu memiliki tujuan. Karena itu Anda yang memiliki pasangan Capricornus biasanya akan merasa aman. Si Capricornus juga selalu mengatakan sesuatu apa adanya, jadi jangan berharap ada kejutan darinya. Karena ia bisa menjadi sangat serius, coba imbangi dengan keceriaan Anda.

Aquarius
Si Aquarius selalu bereksperimen dengan hidupnya. Sebagai orang yang peduli pada masalah kemanusiaan, ia tertarik untuk mengenal karakter manusia, dan senang berkumpul bersama teman-teman atau rekan kerjanya. Orang lain senang bila ada si Aquarius ini, karena ia selalu punya sesuatu yang unik untuk diceritakan. Anda tak perlu tersinggung jika ia sering seperti tidak mendengarkan bila Anda berbicara. Mungkin ia sedang memikirkan eksperimen lain yang bisa dilakukannya.

Pisces
Pria Pisces memiliki sifat yang simpatik dan imajinatif. Mereka sensitif dengan perasaan pasangannya, dan ketika Anda sedang down, ia akan melakukan apa saja untuk membuat Anda merasa lebih baik. Sifat alaminya yang artistik membuatnya selalu menemukan pendekatan yang kreatif mengenai kehidupan. Memang ada kalanya si Pisces menjadi sangat moody. Kalau sudah begini, jangan diambil hati. Menjauh sajalah sampai mood-nya berganti baik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar