Laman

Kamis, 20 Januari 2011

DILARANG TIDUR DENGAN HEWAN PELIHARAAN

JAMBI EKSPRES:


Dengkuran dan embusan napas dari si doggie dan kittie membuat udara di kamar menjadi tidak nyaman
Kehadiran hewan peliharaan di rumah terbukti bisa memberikan manfaat, baik secara fisik dan psikologis. Dengan alasan itu juga, banyak majikan yang menjadi sangat lengket dengan hewan peliharaannya. Bahkan tidak enggan untuk mengajaknya tidur bersama.

“Boleh saja peliharaan masuk ke dalam kamar dan bermain di lantai, namun tidak di tempat tidur,” jelas drh Parmanto dari situs www.dokterhewanonline.com, yang juga pemilik Lavionda Pet Shop di Tangerang.

Jangan biarkan keintiman kita dengan binatang kesayangan berlanjut hingga ke kasur. Mengapa? Sebab kebiasaan yang dianggap lumrah bagi sebagian orang itu, ternyata dapat berpenggaruh terhadap kesehatan kita, seperti:

1. Kesehatan fisik
Binatang peliharaan seperti anjing dan kucing dapat membawa parasit tertentu, seperti jamur (ring worm) dan kudis (scabies dan demodex) yang dapat menular ke manusia. Derek Damin dari Kentuckiana Allergy, Asthma & Immunology di Louisville menyatakan, hewan dapat memicu risiko kambuhnya asma dan alergi. Oleh karena itu, disarankan bagi para penderita asma yang ingin berdekatan dengan hewan peliharaannya untuk memvaksin dulu agar tubuhnya lebih kebal. Untuk yang memiliki bayi, usahakan agar selalu menjaga kebersihan kamar dan menghindarkan bayi kita dari kontak langsung ke hewan.

2. Kenyamanan tidur
Meski beberapa orang bisa merasa nyaman jika tidur ditemani hewan peliharaan, tapi penelitian Dr John Shepard berkata lain. Dalam penelitiannya, direktur medis Mayo Clinic Sleep Disorders Center ini menemukan bahwa sekitar 22 persen pasiennya mendapatkan gangguan tidur akibat ada hewan yang tidur persis di sampingnya. Lalu apa yang menjadi penyebabnya? Dengkuran dan embusan napas dari si doggie dan kittie membuat udara di kamar menjadi tidak nyaman.

3. Keintiman bersama pasangan
Terlalu sering membiarkan hewan berada di kamar dan kasur kita, bisa membuat hal ini menjadi sebuah kebiasaan. Ketika hewan peliharaan kita sudah mulai betah, maka sangat sulit bagi kita untuk bisa mengusirnya keluar dari kamar kita. Walhasil, kondisi ini akan membuat kita terganggu ketika ingin menggunakan kamar tersebut untuk aktivitas pribadi.

4. Kebersihan kamar
Aktivitas hewan peliharaan kita yang gemar mondar-mandir ke seluruh penjuru rumah, membuat tubuhnya menjadi sarang menempelnya segala kotoran. Jika kita mengajak mereka untuk tidur bersama, otomatis kotoran yang ada di tubuhnya akan ikut menempel dan mengotori kamar kita.
Tenang saja, melarang hewan naik ke tempat tidur tidak lantas berarti kita tidak sayang dengan mereka. Kita bisa menunjukkan rasa sayang kita kepada hewan dengan cara lain, seperti mengajaknya jalan pagi atau sore hari.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar