Laman

Jumat, 08 Oktober 2010

PERANG MATA UANG ANCAM EKONOMI GLOBAL

JAMBI EKSPRES:


Sebuah gerai penukaran valuta asing di Puri Indah, Jakarta.
Kepala Dana Moneter Internasional (IMF) Dominique Strauss-Kahn mengingatkan, perang mata uang global akan menimbulkan ancaman nyata pada pemulihan ekonomi dunia.

Dalam sesi wawancara dengan BBC, Kahn bilang, sengketa mata uang menunjukkan negara-negara dunia tidak bekerjasama dengan baik selama terjadinya krisis finansial.

Seperti yang diketahui, dalam beberapa minggu terakhir, AS dan Eopa mengkritik terhadap China terkait pelemahan yuan. Sementara, pemerintah Jepang ditekan untuk memangkas penguatan yen.

Secara terpisah, Menteri Keuangan India Pranab Mukherjee mengingatkan bahwa ketidakseimbangan dalam perekonomian global menjadi tidak berkelanjutan. Dia menghimbau agar negara-negara maju untuk menghentikan konfrontasi sehingga perang mata uang dapat dihindari.

Mata uang sebagai senjata

Kahn melihat, ada sejumlah pertanda kalau beberapa negara berupaya menggunakan mata uangnya sebagai senjata. "Kerelaan sejumlah negara untuk bekerja sama di titik klimaks krisis finansial tidak sekuat dulu," katanya.

Bahkan, yang terlihat saat ini adalah perang antar mata uang. "Fakta bahwa sejumlah negara berupaya mencari solusi bagi pasar domestiknya masing-masing menjadi ancaman besar pemulihan ekonomi," tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar