Laman

Rabu, 29 Desember 2010

BADAI PASIR DI MESIR

JAMBI EKSPRES:
Bencana Alam Rabu, Badai Pasir Bakal Melanda Mesir
Selasa, 28 Desember 2010 | 21:57 WIB
Pihak berwenang Mesir, Selasa (28/12/2010), memperingatkan warga setempat untuk mewaspadai hujan debu badai pasir dalam beberapa hari mendatang.

"Cuaca buruk yang menimbulkan hujan debu padang pasir akan melanda beberapa wilayah Mesir mulai Rabu," kata Mohamed Essa, Kepala Badan Meteorologi dan Geofisika Nasional Mesir.

Hujan debu biasanya membuat repot warga ibu kota Mesir, Kairo, karena mereka dipaksa harus membenahi kembali rumah setelah debu memenuhi bagian dalam rumah.

Selain hujan debu, empasan angin dingin juga akan menghantam sebagian besar wilayah utara dan selatan negara itu mulai Selasa malam. Demikian kata Essa kepada wartawan.

"Selama tiga hari berturut-turut, embusan angin dingin akan melanda sebagian besar wilayah dan mencapai puncaknya pada Kamis. Suhu udara sekitar 8 derajat celsius," kata kepala lembaga pemantau cuaca tersebut.

"Cuaca akan mulai kembali normal pada Jumat petang," tambahnya.

Saat hujan debu, Kota Kairo tak luput tertutup debu sehingga siang hari pun mobil harus menyalakan lampu akibat terhambatnya jarak pandang.

Hujan debu biasa terjadi di Negeri Piramida itu pada setiap pergantian musim. Di Mesir terdapat empat musim, yaitu musim dingin pada Desember-Februari, musim semi Maret-Mei, musim panas Juni-Agustus, dan musim gugur September-November.

Meskipun terdapat musim dingin, hujan salju tidaklah terjadi. Salju tipis hanya sesekali turun di Mesir bagian utara.

Sementara itu, dalam dua pekan terakhir, hujan lebat melanda wilayah selatan dan utara Semenanjung Sinai sehingga menimbulkan banjir di daerah itu.

Lebih dari 100 warga di Semenanjung Sinai, yang pernah diduduki Israel pada 1967, kehilangan tempat tinggal akibat terempas banjir tersebut.

Pekan lalu, angin topan juga melanda wilayah timur dan utara Mesir sehingga memaksa 10 pelabuhan di Laut Merah dan Laut Tengah, Mesir, ditutup selama dua hari.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar