Laman

Senin, 18 Oktober 2010

TOKO EMAS DI RAMPOK 12 TEWAS

JAMBI EKSPRES:

Sedikitnya 12 orang tewas ketika sekelompok orang bersenjata menyerbu deretan toko emas di Baghdad, ibukota Irak, Minggu (17/10/2010).

Perampokan itu berujung tembak-menembak dengan pasukan keamanan. Kelompok bersenjata itu menggunakan granat tangan dan senjata ringan untuk membunuh tiga pemilik toko di sebuah pasar di distrik Mansour, Baghdad barat, kata satu sumber kementerian dalam negeri.

Ketika penyerang keluar dari pertokoan itu, mereka disambut oleh prajurit dan polisi. Dua orang bersenjata, dua polisi, seorang prajurit dan empat warga sipil tewas dalam tembak-menembak tersebut.

Pemerintah menyatakan belum mengetahui apakah penyerang toko emas itu gerilyawan atau geng kriminal. Beberapa kelompok bersenjata melakukan kejahatan untuk mendanai operasi mereka, dengan menyerang bank serta toko-toko emas dan perhiasan.

Pada 30 September, pasukan keamanan menggagalkan upaya perampokan sebuah bank pemerintah di Baghdad setelah orang-orang bersenjata meledakkan bom untuk mengalihkan perhatian aparat. Dua polisi tewas dalam tembak-menembak dengan penyerang dalam insiden tersebut.

Pada Juni, penyerang bunuh diri meledakkan mobil berisi bom di luar Bank Dagang Irak, menewaskan 26 orang. Sepekan sebelumnya, sejumlah orang bersenjata dan penyerang bom bunuh diri mengepung bank sentral Irak di Baghdad, menewaskan 18 orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar