Laman

Rabu, 04 Agustus 2010

PROVINSI PUNCAK ANDALAS

Wacana pembentukan provinsi baru di sejumlah daerah terus disuarakan, seperti pembentukan provinsi Tapunuli (Sumatra Utara), Sumatra tengah (Sumatra Selatan dan Bengkulu), dan yang akhir-akhir ini masih hangat dalam pembicaraan adalah wacan...a pembentukan provinsi Puncak andalas yang akan membelah 3 provinsi yakni Jambi, Bengkulu, dan Sumatra Barat.
Timbulnya wacana pembentukan provinsi baru tidak terlepas dari rasa ketidakpuasan masyarakat terhadap pemerintahan provinsi induk yang dinilai tidak adil dalam pembangunan. Seperti yang terlihat beberapa tahun terahkir demo menuntut pembentukan provinsi baru terus terjadi. Tentunya kita masih ingat dengan kejadian beberapa tahun yang lalu yakni demo menuntut pembentukan provinsi Tapunuli, dalam demo ini memakan korban jiwa dimana Ketua DPR Sumatra Utara meninggal dunia.
Kini wacana pembentukan Provinsi Puncak Andalas semakin gencar disuarakan bahkan di jejaring social Facebook muncul grup mendukung pembentukan Provinsi Puncak Andalas meskipun anggotanya masih sedikit, namun diprediksikan grup ini akan semakin banyak anggotanya dari hari ke hari . Sebenarnya wacana pembentukan provinsi baru ini sudah lama berhembus, dan kembali muncul kepermukaan di tahun 2010. Seperti yang ramai di beritakan munculnya wacana ini dikarenakan Pembangunan yang tidak adil dan msyarakat kurang mendaoat perhatian dari provinsi, hal inilah yang terjadi di kerinci, masyarakat Kerinci sudah habis kesabarannya melihat selalu di anak tirikan dalam pembangunan, hal ini dibuktikan dengan kondisi jalan yang ada di Kerinci tidak pernah bagus, bayangkan saja untuk mencapai ibu kota provinsi jambi, masyrakat kerinci harus menghabiskan waktu perjalannan selama 12 jam ditamabh lagi dengan kondisi jalan yang begitu buruk.Provinsi puncak andalas ini rencananya akan menggabungkan 5 wilayah yakni Kerinci, Kota Sungai Penuh, Pesisir Selatan, Muko-Muko, dan Solok Selatan dengan Ibukota Kota Sungai Penuh.
Seperti yang dilangsir dari Tribunjambi.com Ketua DPR Kerinci Liberty mengatakan “ Ketua DPR dari 5 daerah ini telah melakukan pertemuan pembicaraan mengenai wacana pembentukan Provinsi Puncak Andalas, dan semua ketua DPR dari 5 daerah menyetujuinya.
Jika provinsi baru Puncak Andalas benar-benar terwujud maka diharapkan pembentukan ini bukan untuk kepentingan politik sebagian orang saja, tetapi dengan adanya pembentukan provinsi baru akan mempercepat pembangunan daerah dan masyarakat daerah tersebut lebih mendapat perhatian. Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya akankan Puncak Andalas Menjadi provinsi baru di Sumatra?(REZA)

1 komentar:

  1. GABUNG DALAM GROUP PROVINSI PUNCAK ANDALAS KLIK DISINI....http://www.facebook.com/group.php?gid=133216563381384

    BalasHapus