Laman

Selasa, 22 Maret 2011

INGGRIS CIPTAKAN 120 ORANG JUTAWAN BARU SETIAP HARI

JAMBI EKSPRES: undefined
Nishita Shah, bukan hanya seorang pilot. Namun, dia juga seorang petualang yang gemar berlayar, praktisi fashion yang memproduksi fashion kelas atas. Yang tak kalah penting dia adalah pemimpin deretan perusahaan penting di Thailand. Tak heran, jika masuk jajaran taipan terkaya Thailand versi Forbes dengan kekayaan Rp3 triliun.

Tiap Hari, Inggris Lahirkan 120 Jutawan Baru
Saat ini terdapat sekitar 619 ribu jutawan di Inggris.
Selasa, 22 Maret 2011, 05:03 WIB

Paska perlambatan pertumbuhan ekonomi dunia dua tahun lalu, Inggris kini mulai kebanjiran sejumlah jutawan baru. Tercatat sekitar 100 ribu jutawan telah tercipta selama periode tersebut.

Bertambahnya jumlah orang kaya baru Inggris tersebut tidak terlepas dari pemulihan pasar saham, perkembangan wirausahawan baru, serta masuknya orang-orang kaya dari luar negeri.

Data Barclay Wealth, yang dipublikasikan The Sunday Times seperti dikutip dari laman news.com.au menunjukkan, saat ini terdapat sedikitnya 619 ribu jutawan di Inggris. Jumlah itu meningkat dari posisi dua tahun sebelumnya yang tercatat sebanyak 528 ribu jutawan. Kenaikan tersebut setara dengan 120 orang jutawan baru Inggris yang lahir setiap harinya.

Dari jumlah jutawan Inggris tersebut, sebanyak 86 ribu jutawan baru masing-masing memiliki kekayaan lebih dari US$8 juta, atau naik 19 persen dibanding periode sebelumnya.

Studi itu juga meneliti penyebaran kekayaan mulai dari Inggris, Wales, dan Skotlandia. Tercatat, orang kaya Inggris banyak berasal dari London dan bagian tenggara Inggris. Jumlah orang kaya di kedua wilayah itu mencapai 287 ribu orang atau 46 persen dari total seluruh orang kaya di Inggris.

Daerah kedua tempat lahirnya orang kaya baru Inggris adalah di Midland,yang mencapai 92 ribu orang jutawan. Disusul kawasan barat daya Inggris yang memiliki jumlah orang kaya sebanyak 64 ribu orang.

Sebelumnya, Forbes sempat mengeluarkan daftar 1.210 miliarder terkaya di dunia. Forbes menempatkan Carlos Slim Helu sebagai orang terkaya di dunia dengan total kekayaan mencapai US$74 miliar.

Dari 1.210 miliarder terkaya di dunia, Forbes mencatat 32 miliarder di antaranya berasal dari Inggris. Posisi pertama miliarder terkaya di Inggris ditempati Gerald Cavendisk Grosvenir dan keluarga yang ditaksir memiliki kekayaan hingga US$13 miliar. Pengusaha real estate itu tercatat sebagai orang terkaya ke-57 di dunia.

Di antara nama-nama pengusaha terkenal asal Inggris yang masuk dalam daftar miliarder versi Forbes terdapat Richard Branson. Pemilik bisnis Virgin yang sedang mengembangkan usaha penerbangan luar angkasa komersial itu diperkirakan memiliki kekayaan hingga US$4,2 miliar. Benson berada di posisi ke-254 sebagai orang terkaya di dunia.

Joanne JK Rowling yang menerbitkan buku Harry Potter juga tercatat sebagai miliarder terkaya di Inggris. Dengan posisi yang lebih rendah dibandingkan miliarder lain dalam daftar Forbes, JK Rowling ditaksir memiliki kekayaan mencapai US$1 miliar.
undefined
Orang Terkaya Indonesia Berbisnis Batu Bara
Mereka bergerak di perusahaan tambang yang mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia.
Jum'at, 11 Maret 2011, 11:41 WIB

Sejumlah 14 pengusaha Indonesia masuk dalam daftar orang-orang terkaya dunia dalam majalah bisnis terkemuka, Forbes. Dari nama yang masuk dalam daftar tersebut, mereka tercatat paling banyak berbisnis di tambang batu bara.

Nah, siapa saja mereka? Berikut, urutan dalam daftar orang-orang terkaya dunia dan Indonesia, seiring kerberhasilan mereka di bidang pertambangan batu bara.

1. Low Tuck Kwong, masuk dalam urutan 304 daftar orang-orang terkaya di dunia dari hari bisnis tambang batu bara. Kekayaanya tercatat mencapai US$3,6 miliar dan berhasil menjadi orang ketiga terkaya di Indonesia.

Keberhasilan pria kelahiran Singapura ini terpicu harga saham tambang miliknya, PT Bayan Resources Tbk yang naik tiga kali lipat sejak mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia tahun 2008. Perusahaan yang mencatatkan keuntungan US$270 juta itu baru-baru ini berniat mengakuisisi perusahaan tambang Australia.

Pria yang saat ini berusia 62 tahun, tercatat pertama masuk bisnis tambang batu bara pada 1997, lima tahun setelah ia resmi menjadi warga Indonesia. Pencinta hewan ini juga diketahui memiliki saham di Manhattan Resources Singapura yang terdaftar di Singapura HealthPartners.

2. Kiki Barki, masuk urutan 595 orang terkaya dunia dan menduduki posisi ketujuh orang kaya di Indonesia, dengan kekayaan dari hasil tambang batu bara mencapai US$2 miliar.

Orang kawakan di industri batu bara ini membuat debut, berkat penawaran saham umum PT Harum Energy Tbk Oktober tahun lalu.

Pria yang memiliki hobi membaca, berenang, dan jogging ini juga berhasil mempertahankan mayoritas saham di Harum Energy. Lelaki berusia 71 tahun ini juga tercatat memiliki saham di perusahaan tambang di Australia, Cockatoo Coal.

3. Edwin Soeryadjaya, dengan kekayaan sebesar US$1,6 miliar berada di posisi 782 orang paling kaya dunia dan urutan sembilan terkaya di Indonesia.

Pria berusia 62 tahun ini berjaya di bisnis batu bara melalui PT Adaro Energy Tbk. Ia memiliki saham di perusahaan tambang tersebut melalui perusahaan investasi Saratoga Investama Sedaya.

Melalui perusahaan investasi itu juga, ayah dari tiga anak itu tercatat menjadi pemilik perusahaan infrastruktur PT Tower Bersama.

4. Garibaldi Thohir, tercatat menduduki urutan 833 orang terkaya dunia dan 10 paling kaya di Indonesia, dengan kekayaan dari binis tambang mencapai US$1,5 miliar.

Miliarder baru ini masuk daftar orang terkaya karena terdorong menguatnya saham perusahaan tambang miliknya, PT Adaro Energy Tbk sebesar 30 persen di bursa.

Pria berusia 45 tahun ini tercatat mulai berbisnis di pertambangan batu bara pada tahun 1992 dan kemudian mendirikan PT Wom Finance, yang sekarang masuk dalam kelompok perusahaan finansial publik terbesar di Indonesia.

Sedangkan Adaro Energy sendiri merupakan produsen batu bara termal kedua terbesar di Indonesia dan mengoperasikan tambang batu bara tunggal terbesar yang memproduksi "envirocoal" dengan karbon rendah dan kandungan sulfur.

5. Theodore Rachmat, dengan kekayaan mencapai US$1,3 miliar menjadi orang terkaya dunia pada posisi 938 atau urutan 11 orang paling kaya se-Indonesia.

Insiyur teknik mesin ini memulai karirnya di perusahaan produsen mobil PT Astra International Tbk pada tahun 1969. Namun, pria berusia 67 tahun ini sekarang terlibat dalam PT Adaro Energy Tbk, produsen batu bara terbesar di Indonesia.

Sepupu miliarder Edwin Soeryadjaya ini tercatat sebagai Wakil Presiden Komisaris Adaro Energy dan menjadi Presiden Komisaris pada Adira Finance.

6. Benny Subianto, berada di urutan 1.140 orang terkaya di dunia dan ke 14 orang paling kaya Indonesia, dengan kekayaan sebesar US$1 miliar.

Pria dengan tiga anak ini tercatat masuk dalam lima besar pemegang saham perusahaan tambang batu bara PT Adaro Energy Tbk. Mantan Wakil Direktur Utama produsen mobil PT Astra International Tbk, mantan Direktur Utama PT United Tractor Tbk saat ini juga menjalankan bisnis perusahaan kelapa sawit di bawah bendara Grup Astra.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar