Laman

Jumat, 21 Januari 2011

ZAMRUT 65 KARAT DI TEMUKAN DI LADANG JAGUNG

JAMBI EKSPRES:



Sebuah zamrud berukuran besar secara tidak sengaja ditemukan di sebuah parit di ladang jagung di North Carolina, Amerika Serikat (AS). Saking besarnya zamrud tersebut, bahkan dibandingkan mahkota Kaisar Rusia Catherine Agung.

Zamrud yang beratnya hampir mencapai 65 karat ini bahkan diberi nama Carolina Emperor, saat dilelang di sebuah rumah lelang.

Bahkan pemilik pertanian tidak mau ketinggalan mengambil untung, dia menagih uang sebesar USD3 atau sekira Rp27 ribu (Rp9.039 per dolar) untuk setiap orang yang ingin mencari zamrud di tempat batu berharga tersebut ditemukan.

Seperti dilansir Associated Press, Rabu (1/9/2010), meski ukuran zamrud tersebut besar, hasil akhirnya setelah melalui beberapa proses pemotongan batu ukurannya tidak lebih besar dari sebuah koin dan beratnya sekira berat sebuah baterai.

Tetapi kualitas dari zamrud tersebut setara dengan milik mahkota dari Chaterine Agung, yang memimpin Rusia di abad 18 yang dijual balai lelang Christie seharha USD1,65 juta atau sekira Rp14 miliar. Batu berharga milik Catherine tersebut laku terjual pada April lalu.

Banyak pihak menyatakan keheranannya mengapa batu berharga sebesar itu ditemukan di wilayah Charlotte, Amerika Serikat.
Biasanya jikapun memang ditemukan, ukurannya pun tidak besar. Umumnya penemuan zamrud ukuran besar terjadi di Amerika Selatan dan Asia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar