Laman

Rabu, 02 Februari 2011

YENNY WAHID DAN MEGAWATI HAMPIR SAMA

JAMBI EKSPRES:


Yenny Wahid
Politik
Yenny-Gus Dur Serupa Mega-Bung Karno?
Apa yang dilakukan Yenny Wahid serupa dengan yang dilakukan Megawati.

Yenny Wahid

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) masih terbelah dalam dua kubu setelah sekian lama berlalu. PKB 'Gus Dur' yang tidak diakui pemerintah bahkan telah menggelar muktamar pekan lalu yang menghasilkan penunjukkan Yenny Wahid sebagai ketua umumnya.

Hal ini dinilai pengamat politik M Qodari sebagai ancaman serius bagi PKB kubu Muhaimin Iskandar.

"PKB Gus Dur yang kini dipimpin oleh Yenny adalah ancaman serius bagi Muhaimin Iskandar. Yenny Wahid sebagai anak biologis Gus Dur diyakini mampu meneruskan apa yang sudah dilakukan oleh Gus Dur," ujar pengamat politik dari IndoBarometer, M Qodari, kepada radar jambi.

Menurutnya, modal sosial PKB sejak awal memang berada di tangan Gus Dur. Karena Gus Dur-lah sebenarnya tokoh sentral dan sosok yang dikagumi oleh anggota PKB. "Kini, Yenny Wahid tinggal menyalurkan aspirasi massa fanatik Gus Dur," jelas Qodari.

Direktur Eksekutif IndoBarometer itu mengatakan, apa yang dilakukan Yenny saat ini bisa dibilang serupa dengan yang dilakukan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. "Yenny sama seperti Megawati. Megawati juga bisa membesarkan PDIP karena masyarakat masih memandang Soekarno," imbuh Qodari.

Ancaman bagi Muhaimin, lanjut Qodari, bahkan bukan sekedar Yenny. Massa NU yang awalnya kompak berada di bawah satu bendera yaitu PKB, kini menjadi rebutan partai-partai lain karena PKB sendiri terpecah.

Oleh karena itu, simpul Qodari, hampir bisa dipastikan suara PKB akan semakin menurun pada pemilu berikutnya. "Itulah ancaman nyata bagi Muhaimin," tutup Qodari.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar