Laman

Jumat, 31 Desember 2010

ENERGI SURYA YANG DAPAT DI PAKAI SIANG DAN MALAM COCOK UNTUK INDONESIA

JAMBI EKSPRES:
Kelangkaan sumber energi listrik.



SolarReserve adalah teknologi model menara yang menggunakan ratusan cermin heliostats untuk mengumpulkan energi panas. Jika umumnya menara surya hanya mampu menggunakan energi matahari pada siang hari. SolarReserve memiliki kelebihan lain yaitu, tetap dapat memasok kebutuhan energi listrik di wilayah California meskipun dalam keadaan malam hari. Karena SolarReserve dilengkapi juga dengan sistem penyimpanan energi yang bahkan dapat terus memasok energi meskipun saat matahari tidak bersinar.

Dengan 500 pekerja termapil, pemerintah California berharap konstruksi SolarReserve akan selesai digarap pada akhir tahun 2011 atau selambat lambatnya pertengahan tahun 2012.
Keunggulan teknologi SolarReserve ini terletak pada terobosan baru memanfaatkan garam yang selama ini hanya dipakai untuk bumbu dapur. Para peneliti berpendapat bahwa sifat garam yang mampu mencapai suhu lebih dari 1000 derajat Fahrenheit ini mampu mempertahankan sebagian besar panas yang dikumpulkan pada siang hari. Kemudian cadangan garam yang telah dipanaskan diubah menjadi zat cair oleh energi termal heliostats. Garam cair ini, kemudian memompa energi untuk disimpan pada tangki cadangan. Nah jika energi diperlukan, generator uap akan memompa cadangan energi tersebut menjadi energi listrik yang siap didistribusikan melalui grid yang sudah tersedia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar